Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2017, 11:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Cara ini tidak memaksa Anda untuk meninggalkan jenis makanan tertentu, namun efektif sukseskan penurunan berat badan.

Bila Anda termasuk pelaku diet yang tidak dapat meninggalkan makanan favorit—membuat Anda ngidam dan akhirnya makan lebih banyak—cara ini dapat Anda coba.

Ahli gizi bersertifikat Leslie Langevin, MS, RD, CD dari Whole Health Nutrition menyarankan dua syarat penurunan berat badan efektif tanpa perlu menjauhi makanan favorit. Pertama, makanlah hanya pada saat perut lapar. Ini adalah konsep makan sadar.

"Setiap kali Anda memasukkan sesuatu ke dalam mulut, tanyakan pada diri Anda apakah perut Anda benar-benar lapar atau hanya lapar emosional atau hanya ingin mencoba,” katanya.

Dia menambahkan penting untuk makan hanya pada saat Anda benar-benar lapar untuk menurunkan berat badan.

"Beberapa tanda lapar adalah perut keroncongan atau produksi air liur yang meningkat. Jika Anda berada di sekitar skala tiga tingkat kelaparan saat perut keroncongan, makanlah di saat-saat itu. Sehingga Anda benar-benar menikmati makan dan makan karena sadar, bukan karena emosi.”

Namun, Langevin menambahkan, syarat kedua ialah berhentilah makan saat Anda merasa nikmat, belum sampai pada tahap kenyang, atau sekitar 5-7 sendok makan saja.

Ini akan membantu Anda menghindari makan berlebihan. Biarkan rasa kenyang datang sendiri sekitar 5-10 menit kemudian. Setelah itu, Anda akan merasa puas tanpa ada rasa bersalah makan terlalu banyak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com