Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanda Aneh yang Dapat Prediksi Penyakit di Masa Depan

Kompas.com - 05/01/2017, 14:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Anda tak perlu bola kristal untuk bisa memprediksi kesehatan Anda di masa depan. Cukup periksa beberapa bagian tubuh, Anda akan mendapat perkiraan akan menderita sakit apa Anda nanti.

Kabar baiknya, semakin dini Anda menemukan tanda-tanda kemunculan suatu penyakit, semakin besar kemungkinan Anda untuk melakukan tindakan pencegahan dengan memeriksakan diri ke dokter dan menerapkan pola hidup sehat.

Periksa: Kuku Anda
Untuk: Lupus

Kuku yang sehat biasanya halus dan bersih. Jika ada warna kemerahan di bawah kuku Anda, itu bisa menjadi tanda lupus.

Lupus adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat diri sendiri. Lupus juga dapat menyebabkan ruam di punggung tangan dan jari, serta bengkak di dasar kuku Anda.

Periksa: Indera penciuman
Untuk: Penyakit Alzheimer

Turunnya kemampuan mencium bau atau aroma, bisa menjadi salah satu tanda-tanda awal penyakit Alzheimer, demikian menurut sebuah studi oleh U.S. National Institute of Neurological Disorders and Stroke.

Perubahan yang terjadi pada sistem penciuman Anda karena Alzheimer, mungkin serupa dengan yang terjadi di daerah lain di otak, tetapi muncul lebih cepat.

Secara bertahap, setelah usia 70 tahun Anda akan kehilangan daya penciuman. Jika Anda kehilangan indera penciuman pada usia lebih muda, diskusikan segera dengan dokter.

Periksa: Tampilan Anda
Untuk: Serangan Jantung

Orang-orang yang terlihat lebih tua dari usia mereka yang sebenarnya, memiliki risiko lebih tinggi terkena masalah jantung, katapara peneliti di Copenhagen University Hospital.

Dibandingkan dengan orang tanpa tanda-tanda penuaan sebelum usia yang seharusnya (seperti uban, kebotakan, keriput dan deposit kolesterol di kelopak mata) -orang dengan tiga atau empat tanda-tanda tersebut memiliki risiko penyakit jantung 40 persen lebih tinggi dan risiko serangan jantung 57 persen lebih tinggi.

Jika Anda melihat tanda-tanda penuaan dini, mintalah dokter untuk memeriksa kesehatan jantung Anda dan menghitung faktor risiko yang Anda miliki.

Periksa: Garis rambut Anda
Untuk: Penyakit Tiroid

Ketika tiroid yang adalah kelenjar endokrin berbentuk kupu-kupu di leher, tidak bekerja dengan benar Anda, hal itu memengaruhi hormon di seluruh tubuh Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com