Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memangkas 19 Kg Kelebihan Berat Badan dari Oprah Winfrey

Kompas.com - 06/01/2017, 13:24 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Selama bertahun-tahun presenter terkenal Oprah Winfrey bergulat dengan masalah berat badan dan diet yoyo. Baru-baru ini ia dikabarkan berhasil memangkas 19 kg berat badannya.

Di edisi Januari-Februari majalah Weight Watchers, Oprah membicarakan pikiran positif dan keseimbangan yang membantunya menemukan kebahagiaan sejati, serta bagaimana berhenti membidik target angka secara ironis justru membantunya menurunkan berat badan.

"Di 90 kg, saya oke. Saya tak pernah berada di titik itu. Kemudian di titik 86 kg, saya oke. Jika tidak menurunkan berat badan sekarang, saya masih oke," katanya. "Kepenuhan hidup dan penerimaan diri itu tak pernah saya lakukan sebelumnya. Saya kalah karena terpaku pada angka," imbuhnya.

Sejak bergabung dengan Weight Watchers dan membeli 10 persen saham perusahaan tersebut di musim panas 2015, Oprah tak pernah malu dengan target dan determinasinya. Ia menjelaskan bahwa perspektif pada hidup sehat mental dan fisik berperan besar dalam memangkas kelebihan berat badan.

"Sangat frustasi menjanjikan diri sendiri untuk mencapai target itu sekarang dan harus sesuai rencana. Jadi saya berubah. Sekarang saya tak punya target di pikiran. Saya berada di berat badan tertentu dan baik-baik saja. Ini yang saya inginkan dan tubuh saya akan mengatakan kapan saya harus berada di mana," tuturnya.

Sebagai orang yang patuh pada program, Oprah mengatakan hal yang pertama dia lakukan adalah menemukan "intensi" penurunan berat badannya.

"Intensi adalah prinsip paling kuat yang mengatur dunia saya. Inilah prinsip di mana saya mengatur perusahaan dan setiap tindakan dalam hidup. Saya tak pernah berbuat tanpa terlebih dulu berpikir mengapa saya melakukannya," katanya.

"Ketika berat badan mulai turun, saya perlu membersihkan intensi. Saya perlu menurunkan berat badan agar muat dengan ukuran baju atau menghadiri acara atau membuat orang menyukai saya. Saya tak dapat berkelit dari alasan itu tetapi selalu mengalami kenaikan berat badan kembali. Saat ini saya mengubah intensi menjadi lebih sehat fisik, emosi dan spiritual. Proses dan tujuan itu mengubah diri saya menjadi lebih mudah karena intensi lebih jelas," tuturnya.

Bagi Oprah, berat badan bukan sekedar angka di timbangan. "Ini adalah cara Anda melihat diri sendiri di kehidupan. Hadapi dan hargai hidup. Milikilah penghormatan dan apresiasi dalam hidup," sarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com