Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2017, 17:11 WIB

TANYA:
 
Dok saya sedang hamil anak pertama. Usia kehamilan 27 minggu. Sekitar dua minggu lalu saat kami periksa kehamilan, hasil USG menunjukkan bayi saya terlilit tali pusar. Apakah itu hal yang membahayakan ya dok? Saya sangat cemas. Dokter menyuruh saya untuk menunggu dan melihat apakah pada pemeriksaan selanjutnya lilitan itu sudah terlepas. Mohon masukan dokter. Terima kasih.
Dita (24), Bekasi


JAWAB:

Ibu Dita yth,
Lilitan tali pusat di leher sering terjadi. Ibu tidak perlu khawatir. Pada kehamilan trimester 3 (setelah 28 minggu) biasanya akan diberikan kartu untuk pemantaun gerak janin sebagai panduan untuk ibu. Karena hanya lewat gerak janin kita bisa memantau kondisi janin. Bila gerakan janin berkurang, ibu segera ke rumah sakit.

Berkurangnya gerak janin dapat terjadi bila kekurangan oksigen, dan ini bisa terjadi bukan hanya karena lilitan tali pusat. Tetap tenang dan waspada sangat diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com