Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2017, 10:13 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Polusi udara di kota yang padat lalu lintasnya dapat mengancam kesehatan orang-orang yang tinggal di daerah tersebut. Para peneliti berulang kali melakukan studi mengenai orang-orang yang tinggal di tengah kota yang sibuk dan kaitannya dengan beberapa masalah kesehatan.

Kali ini, penelitian yang dilakukan di Denmark menemukan peningkatan risiko pre-eklampsia pada ibu hamil yang tinggal dekat jalan raya yang padat. Menurut peneliti, polusi udara dan kebisingan lalu lintas kerap membuat ibu hamil stres sehingga memicu tekanan darah tinggi atau terjadi pre-eklampsia. Tingkat stres yang tinggi pun bisa menyebabkan peradangan sehingga memicu penyakit kronik.

Pre-eklampsia merupakan salah satu komplikasi kesehatan ibu hamil. Pre-eklampsia dapat menghambat aliran darah dan nutrisi ke bayi melalui plasenta. Akibatnya, bisa menghambat tumbuh kembang bayi. Bahkan, bisa berujung pada kematian ibu dan bayi.

Tanda-tanda tekanan darah tinggi pada ibu hamil antara lain pembengkakan di kaki, wajah, dan tangan, sakit kepala parah, masalah penglihatan, hingga sakit di bawah tulang rusuk.

Wanita hamil juga lebih berisiko pre-eklampsia apabila obesitas, memiliki tekanan darah tinggi sebelum hamil, ada penyakit diabetes, atau ada riwayat keluarga yang pre-eklamsia.

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Marie Pedersen dari University of Copenhagen itu melibatkan 72.745 wanita hamil. Menurut Marie, penilitian ini adalah bukti nyata kepadatan lalu lintas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Ia berharap semua negara yang padat penduduknya dapat mengatasi masalah polusi udara asap kendaraan bermotor yang umumnya terjadi di tengah kota besar.

Sebelumnya, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Lancet menyatakan, orang-orang tinggal di dekat jalan raya yang sibuk lebih berisiko demensia daripada yang tidak. Selain itu, polusi udara dari kendaraan meningkatkan risiko penyakit jantung dan asma. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com