Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2017, 18:05 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Pola makan sehat dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh kita. Ketika terlanjur kena flu, pola makan ini membantu tubuh agar cepat pulih. Berikut ini makanan yang harus dikonsumsi saat sakit:

1. Banyak Minum

Saat tak nafsu makan, minumlah banyak air. Air jahe, teh pepermin, teh jahe adalah pilihan minuman saat sakit perut sekaligus memberikan asupan elektrolit setelah bolak balik ke toilet.

Minuman jus buah seperti jus jeruk memberikan kalori sekaligus nutrisi untuk mengatasi pusing karena kurang asupan makanan. Saat hidung mampet, seruput minuman hangat seperti teh lemon.

Teh hijau juga membantu sistem kekebalan tubuh. Tambahkan sesendok madu untuk mengatasi tenggorokan gatal.

2. Protein mudah dicerna
Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan saat sehat dan sakit karena menguatkan tubuh. Saat sakit pasti kita tak nafsu makan seporsi steak. Oleh karena itu makanlah telur atau minum yogurt.

3. Buah citrus
Buah jenis citrus ini mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Makanan mengandung glutathione
Glutathione adalah antioksidan kuat yang terbukti memerangi infeksi. Zat ini ditemukan pada semangka merah dan juga sayuran seperti brokoli dan kubis.

5. Kaldu dan sup
Sup miso, sup ayam atau sayuran akan membantu mengisi cairan tubuh dan mudah dicerna saat tak ada nafsu makan. Sup panas pun menghangatkan tubuh dari rasa menggigil sekaligus bermanfaat meredakan hidung mampet.

6. Makanan kaya B6 dan B12
Vitamin B6 dan B12 merupakan nutrisi penyembuh yang ditemukan pada ikan, susu, kentang, bayam.

7. Yogurt
Sebuah studi di Jerman membuktikan probiotik dalam yogurt memperpendek durasi sakit flu dan pilek hampir dua hari. Pilihlah yogurt yang mengandung turunan bakteri Lactobacillus casei atau Lactobacillus reuteri karena kedua turunan itu memperbaiki respon kekebalan tubuh. Greek yogurt merupakan pilihan terbaik karena mengandung paling tidak 10 gram protein per sajian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com