Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Daging Beku Tak Boleh Dibekukan Dua Kali

Kompas.com - 12/01/2017, 07:16 WIB

KOMPAS.com — Daging beku yang sudah dicairkan (thawing) sebelum dimasak sebaiknya segera diolah dan tidak dibekukan kembali jika ada sisa, untuk menjaga rasanya.

Daging yang sudah dicairkan, kemudian dibekukan kembali, sebenarnya aman untuk diolah menjadi makanan, asalkan disimpan secara benar di freezer dan bukan di suhu ruangan. Walau begitu, rasanya sudah tidak seprima jika daging beku yang dicairkan langsung diolah.

Daging yang berulang kali dibekukan akan menjadi kering dan juga keras. Perubahan tekstur dan kelembaban itu tentu akan membuat kelezatan masakan menjadi berkurang.

Hal itu terjadi karena air yang beku di dalam daging akan menyebabkan perubahan di tingkat sel. Dengan demikian, bila pembekuan dilakukan berulang kali, maka perubahannya akan semakin terasa.

Perhatikan pula cara mencairkan daging, yaitu bukan direndam di dalam air atau air panas. Sebaiknya, biarkan es mencair alami pada suhu ruang.

Untuk mencegah proses pembekuan berulang, simpanlah daging beku dalam wadah untuk satu kali porsi pemasakan. Jadi, daging dibagi-bagi dalam beberapa wadah jika Anda berencana untuk mengolahnya menjadi beberapa jenis masakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com