Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2017, 18:43 WIB
Lily Turangan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memaafkan diri sendiri dan orang lain dapat melindungi Anda dari stres dan baik untuk kesehatan mental, demikian menurut sebuah studi baru yang dimuat dalam Journal of Health Psychology.

Dalam studi itu, para peneliti melihat efek dari stres pada kesehatan mental seseorang, dan membandingkan kesehatan mental orang-orang pemaaf dengan orang yang tidak begitu pemaaf.

Untuk melakukan hal ini, mereka meminta 148 orang dewasa muda untuk mengisi kuesioner untuk menilai tingkat stres, kecenderungan mereka untuk memaafkan, serta kesehatan mental dan fisik mereka.

Peneliti melihat, orang-orang dengan paparan dendam dan tekanan yang lebih besar selama masa hidup mereka memiliki kesehatan mental dan fisik yang lebih buruk.

Namun, para peneliti juga menemukan, orang-orang yang sangat pemaaf baik kepada diri mereka sendiri maupun orang lain, karakter itu mampu mengeliminasi hubungan antara stres dengan penyakit mental.

"Stres pada orang pemaaf hampir seluruhnya terhapus," kata penulis studi Loren Toussaint, seorang profesor psikologi di Luther University di Iowa.

"Jika Anda tidak memiliki kecenderungan memaafkan, Anda akan merasakan efek stres dengan cara yang tidak tanggung-tanggung. Anda tidak memiliki penyangga terhadap stres itu. "

Bagaimana kepribadian memaafkan bisa melindungi seseorang dari stres, masih sulit untuk dijelaskan. Para peneliti menduga, orang-orang yang pemaaf mungkin memiliki keterampilan mengelola dan mengatasi stres dengan lebih baik. Atau, reaksi mereka terhadap stres cenderung menjadi tumpul.

Sampel relawan dalam studi ini adalah sampel kecil, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami manfaat menjadi orang yang pemaaf. Namun, Toussaint mengatakan, ia percaya 100 persen bahwa pengampunan dapat dipelajari.

Banyak terapis mental bekerja untuk menumbuhkan rasa pengampunan dalam diri pasien-pasiennya. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mengucapkan doa pendek tentang pengampunan atau meditasi singkat dapat membantu orang menjadi lebih pemaaf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com