Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2017, 16:32 WIB

KOMPAS.com - Orang yang gampang jatuh sakit sering dianggap sebagai orang yang lemah. Padahal, menurut studi terbaru mereka yang sering infeksi justru akan memiliki daya tahan tubuh lebih kuat.

Sering menderita sakit dianggap melatih tubuh sehingga akan terbangun sistem imun yang lebih kuat dalam jangka panjang. Demikian menurut kesimpul studi tim dari Washington University School of Medicine.

Dalam penelitian itu penyakit leishmaniasis dijadikan contoh. Leismaniasis adalah infeksi tropis yang disebabkan oleh lalat pasir sehingga terbentuk koreng di kulit hingga rongga perut.

Tim peneliti menemukan, ketika sistem imun diingatkan terus seperti apakah parasit penyebab leishmaniasis, maka sistem imun menjadi lebih waspada untuk melawan infeksi baru.

Mekanisme itu dipercaya akan terjadi pada sistem imun yang sering menghadapi berbagai bakteri dan virus, termasuk yang menyebabkan tuberkulosis, herpes, dan cacar air.

Sel sistem imun bertanggung jawab membunuh patogen dan mengaktifkan respon imun. Dalam proses tersebut, para ahli percaya bahwa kekebalan tubuh jangka panjang terkait dengan infeksi yang sering. Ini sebabnya mengapa seseorang sulit terkena infeksi yang sama dua kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com