Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2017, 20:31 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Siapa saja bisa merasa kelelahan. Apalagi jika terus bergelut dengan aktivitas yang padat dan berat. Namun, bila merasa lelah sepanjang hari dan hal ini sering terjadi, barangkali memang ada masalah kesehatan pada tubuh.

Seperti dikutip dari Boldsky, berikut ini lima hal yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

1. Anemia
Anemia atau kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan seseorang kelelahan sepanjang hari. Anemia umumnya disebabkan karena kekurangan besi.

Ketika anemia terjadi, pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh pun akan terganggu, termasuk ke otak. Akhirnya tubuh akan merasa kelelahan, sakit kepala, hingga sulit konsentrasi.

2. Masalah tiroid
Kelelahan sepanjang waktu juga bisa jadi, karena adanya masalah kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid yang tidak bisa berfungsi dengan baik bisa membuat kelelahan yang menyebabkan kulit kering, kuku rapuh, bengkak di bawah mata, suara serak, hingga perubahan suasana hati. Sebaiknya periksa ke dokter  ketika mengalami masalah ini.

3. Diabetes
Konsumsi makanan yang mengandung gula seharusnya bisa meningkatkan energi untuk tubuh.

Akan tetapi, pada pasien diabetes, glukosa dalam darah akan sulit menyerap ke sel-sel tubuh. Akibatnya tubuh malah merasa lemas. Sebaiknya, rajinlah periksa kadar gula darah.

4. Depresi
Masalah kesehatan mental, seperti depresi juga bisa menyebabkan kelelahan. orang yang depresi akan sulit berkonsentrasi, sulit tidur, merasa putus asa, mengurung diri di kamar, dan energi pun akan terkuras habis, sehingga merasa kelelahan.

Jika Anda mengalami hal ini, jangan ragu untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater.

5. Kurang vitamin B12
Vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa memertahankan energi. Kekurangan vitamin B12 tentu akan membuat tubuh merasa kelelahan. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin B12 seperti telur, ayam, dan ikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com