Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Latihan di "Gym" tak Sukses Langsingkan Badan?

Kompas.com - 21/01/2017, 08:48 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com-  Latihan di gym berarti tambahan semangat untuk menjalani hari yang lebih sehat dan awet muda. Namun, riset baru membuktikan ada efek negatif dari olahraga setiap pagi hari itu.

Studi menemukan tikus yang melakukan latihan fisik berat di pagi hari ternyata jadi lebih malas di sisa hari. Artinya, aktivitas fisik keseluruhan itu jadi impas karena mereka tak melakukan aktivitas fisik lagi dibandingkan sebelum latihan di gym.

Tim penelitian dari National Institute of Health, Inggris yang dipimpin Timothy O'Neal itu melakukan studi untuk mengerti mengapa olahraga tampak tak efektif pada banyak orang di Amerika Serikat.

"Kendati penting untuk kesehatan secara umum, olahraga umumnya gagal untuk mencapai penurunan berat badan," tulis peneliti.

Untuk meneliti masalah itu, mereka meletakkan 15 tikus dalam ruangan dengan roda berputar. Pertama, pengenalan roda putar meningkatkan pengeluaran energi harian tikus-tikus ini. Namun pengeluaran energi itu jadi datar setelah satu minggu kendati terjadi peningkatan penggunaan roda.

Di akhir studi mereka menyimpulkan, jumlah penggunaan roda tidak meningkatkan total pengeluaran energi harian tikus-tikus itu. Disimpulkan bahwa di samping peningkatan nafsu makan, olahraga pun menurunkan energi. Keduanya menyebabkan hasil penurunan berat badan yang kurang baik.

Hal itu juga mungkin kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Setelah berolahraga pagi, kita justru menjadi lelah dan mengantuk di siang hari, sehingga malas melakukan aktivitas fisik lainnya. Ada juga orang yang merasa karena sudah berolahraga maka mereka sah saja bermalas-malasan dan makan sembarangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com