Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Risiko Penyakit Kronis lewat Aplikasi BPJS Kesehatan

Kompas.com - 01/02/2017, 13:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penapisan (screening) penyakit-penyakit kronis penting dilakukan untuk mencegah komplikasi. Saat ini, penapisan tersebut bisa dilakukan secara mudah melalui aplikasi BPJS Kesehatan di ponsel pintar.

Layanan mobile screening tersebut bisa diunduh secara gratis. Menurut dr Eddy Sulistijanto Hadie, Kepala Cabang Utama Jakarta Barat, untuk sementara ini, fitur tersebut baru tersedia di ponsel berbasis Android.

"Mulai hari ini semua peserta BPJS sudah bisa menggunakan fitur screening ini," kata Eddy dalam acara peluncuran Mobile Screening BPJS Kesehatan di Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Ia menjelaskan, selama ini, metode penapisan dilakukan manual dengan pengisian berkas-berkas di kantor BPJS Kesehatan atau di puskesmas dan klinik sehingga terkadang tidak diisi.

"Dengan konsep mobile, cakupannya bisa meluas, peserta juga segara tahu hasilnya. Kami ingin mengubah paradigma dari kuratif ke promotif preventif sehingga kalau penyakitnya terdeteksi sejak awal akan lebih bagus hasilnya," paparnya.

Di dalam aplikasi tersebut terdapat 47 pertanyaan yang terdiri atas kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga, dan pola makan. Bila semua pertanyaan telah terjawab, maka peserta bisa langsung memperoleh hasilnya saat itu juga.

Eddy menambahkan, bila hasilnya menunjukkan potensi sedang atau tinggi, maka akan disarankan untuk kontrol ke dokter di puskesmas atau klinik.

"Untuk peserta yang berpotensi sakit jantung, kelainan ginjal, atau hipertensi, disarankan untuk melakukan tindak lanjut di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Khusus untuk penyakit diabetes, akan memperoleh rujukan untuk mengecek kadar gula darah," ujar Eddy.

Menurut dia, fasilitas kesehatan tingkat pertama sudah diberi sosialisasi akan penapisan ini. "Kalau terjadi lonjakan pasien tidak masalah karena penyakitnya masih gejala awal, daripada baru datang sudah berat dan komplikasi," katanya.

Selain penapisan penyakit, aplikasi BPJS Kesehatan mobile juga menyediakan menu lain yang bisa membantu peserta JKN mengecek status kepesertaan, melihat tagihan iuran, melihat fasilitas lokasi kesehatan, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com