Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi dan Dihindari Sebelum Tidur

Kompas.com - 03/02/2017, 17:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com -Tidur malam yang cukup dan berkualitas akan menyehatkan tubuh. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, asupan makanan dan minuman sebelum tidur ternyata ikut mempengaruhi.

Seperti dikutip dari Daily Mail, penulis The Good Sleep Guide, Sammy Margo mengungkapkan asupan apa saja yang baik dikonsumsi sebelum tidur dan yang seharusnya dihindari.

Makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur

1. Pisang
Pisang termasuk buah yang baik dikonsumsi pada malam hari. Sammy mengatakan, pisang yang kaya magnesium itu membantu merelaksasi otot dan merangsang hormon tidur, seperti melatonin dan serotonin.

2. Madu
Banyak orang yang sulit tidur karena gelisah atau memikirkan sesuatu. Menurut Sammy, cukup satu sendok teh madu dapat menurunkan kadar orexin, suatu zat kimia yang membuat seseorang terus terjaga.

3. Almond
Kandungan tryptophan dan magnesium pada almond bermanfaat untuk merelaksasi otot dan mengurangi ketegangan saraf. Dengan begitu, konsumsi almond pada malam hari bisa membantu tidur lebih pulas.

4. Gandum
Sammy mengatakan, gandum yang kaya akan serat mengandung melatonin. Melatonin dikenal sebagai hormon tidur yang akan membuat tidur pulas.

Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari sebelum tidur

1. Alkohol
Konsumsi minuman berakohol dapat mencegah seseorang mencapai fase tidur dalam. Hal ini membuat bangun tidur di pagi hari menjadi terasa pusing.

Jadi, salah kaprah bila seseorang minum-minuman berakohol untuk membantunya tidur nyenyak.

2. Makanan pedas
Makanan pedas tidak disarankan sebelum tidur karena hanya akan mengganggu pencernaan. Menurut Sammy, capsaicin yang terkandung dalam cabai dapat mengganggu tidur karena mempengaruhi perubahan suhu tubuh.

3. Makanan berlemak
Makanan berlemak sebelum tidur juga akan mengganggu pencernaan, seperti rasa mulas. Makanan berlemak, seperti burger, es krim, dan makanan cepat saji lainnya dapat menghasilkan asam dalam lambung.

Jika tidur setelahnya, bisa membuat makanan berbalik ke kerongkongan.

4. Kopi
Tentu saja kopi sebaiknya dihindari sebelum tidur. Kandungan kafein pada kopi malah bisa membuat mata Anda melek sepanjang malam.

Mereka yang memiliki insomnia seharusnya tak menenggak secangkir kopi sebelum tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com