Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Saat Memasak yang Berisiko Menambah Berat Badan

Kompas.com - 09/02/2017, 07:25 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa memasak di rumah lebih sehat daripada makan di luar.

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Juni 2015 dalam jurnal Public Health Nutrition menemukan bahwa memasak di rumah dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit, lemak, karbohidrat, dan gula daripada makan di restoran.

Tapi, itu bukan hal yang mutlak. "Makanan rumahan bisa sama tidak sehatnya dengan makanan restoran jika Anda menggunakan bahan-bahan dan metode masak yang tidak sehat," kata Jackie Topol, MS, RD, seorang ahli diet terdaftar dan ahli gizi kuliner di New York City.

Menurut Topol, inilah empat kesalahan memasak yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan, dan cara memerbaikinya demi kesehatan Anda.

Kesalahan # 1: Menggunakan terlalu banyak minyak

"Banyak orang tidak menyadari berapa banyak kalori yang mereka konsumsi karena minyak," kata Topol. Hal ini terutama berlaku untuk minyak untuk menggoreng.

Bahkan, jika Anda hanya menggunakan minyak zaitun sebagai penyedap rasa, itupun masih mungkin Anda menggunakannya berlebihan. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung sekitar 120 kalori. Angka yang cukup tinggi.

Perbaiki: Anda masih dianjurkan menggunakan lemak sehat seperti minyak zaitun saat memasak, tapi batasi hanya sekitar 80 kalori. Gunakan sendok ukur untuk memastikan Anda tidak menuangkannya terlalu banyak.

Kesalahan # 2: Mencontoh resep 100%

Tergoda resep yang Anda lihat di TV terlihat lezat, tetapi mungkin porsinya berbahaya untuk ukuran pinggang Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2015 dalam jurnal Appetite menemukan, bahwa wanita yang menonton acara memasak dan kemudian menyontohnya sama persis, memiliki BMI lebih tinggi dari orang yang mendapatkan resep dari media cetak atau sumber online.

Perbaiki: Jangan takut untuk memodifikasi resep, kata Topol. Misalnya, jika pada resep tertulis pasta biasa, ganti dengan pasta gandum utuh.

Atau, jika pada resep dikatakan Anda harus menggunakan saus salad tertentu, Anda bisa menggantinya dengan saus salad buatan sendiri yang kadar gulanya sudah dikurangi.

Kesalahan # 3: Mengabaikan rak bumbu

Anda pasti memiliki simpanan bumbu dan rempah-rempah yang tersusun cantik di dapur. Itu bukan pajangan yang bisa Anda lupakan begitu saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com