Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyaknya Gigi Tanggal Prediksi Kesehatan dan Harapan Hidup

Kompas.com - 09/02/2017, 15:07 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Banyaknya gigi tanggal saat berusia 65 tahun bisa memprediksi kesehatan hingga harapan hidup Anda, menurut penelitian baru.

Orang-orang yang masih memiliki gigi lengkap ketika berusia 74 tahun, lebih mungkin untuk hidup hingga 100 tahun, para ilmuwan mengatakan.

Selain sebagai indikator seberapa baik seseorang menjaga kesehatan gigi, jumlah gigi tanggal juga dikaitkan dengan sejumlah stres selama seumur hidup seseorang.

Stres tersebut termasuk pengalaman sosial, emosional, ekonomi dan pendidikan, penyakit kronis, kondisi genetik, dan pilihan gaya hidup.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Periodontology menunjukkan bahwa orang-orang yang telah kehilangan lima atau lebih gigi pada usia 65 tahun lebih mungkin menderita masalah kesehatan serius lainnya seperti penyakit jantung, diabetes dan osteoporosis, yang sangat bisa membatasi harapan hidup seseorang.

Dr Nigel Carter, dari The Oral Health Foundation mengatakan, "Ada banyak alasan mengapa seseorang bisa kehilangan gigi mereka, itu bisa karena merokok atau hanya kurang menjaga kesehatan mulut, juga dapat berhubungan dengan penyakit gusi yang berhubungan erat dengan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes.”

Carter menambahkan, penelitian menunjukkan bahwa kehilangan gigi di usia 65 tahun bisa menjadi penanda dari buruknya kualitas kebersihan hingga gaya hidup seseorang. Itu sebabnya, kemungkinan untuk memiliki masalah kesehatan juga lebih tinggi.

“Penting juga untuk diketahui bahwa penyakit yang berhubungan dengan gigi, seperti penyakit gusi, dapat juga berkontribusi terhadap peningkatan risiko penyakit yang membatasi harapan hidup.”

Hal ini sangat jelas bahwa apa yang terjadi di dalam mulut kita benar-benar dapat menjadi “jendela” kesehatan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan perawatan yang tepat dan memperhatikan apa yang terjadi pada kesehatan mulut karena bisa menjadi tanda dari sesuatu yang lebih serius.

The Oral Health Foundation merekomendasikan untuk menyikat gigi pada pagi dan malam hari dengan pasta gigi berfluoride, mengurangi makanan dan minuman manis, serta mengunjungi dokter gigi secara teratur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com