Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2017, 16:46 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Prediabetes atau kadar gula darah di atas normal, meski belum tergolong diabetes, merupakan peringatan yang tidak boleh diabaikan. Jika dibiarkan, prediabetes akan berkembang menjadi diabetes. Jadi mulailah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

"Gaya hidup adalah andalan dalam pengobatan ketika sudah terkena prediabetes," kata dokter Deena Adimoolam, MD, dari Mount Sinai School of Medicine. Ia pun memaarkan 6 hal yang perlu dilakukan ketika sudah didiagnosis prediabetes.

1. Menuju berat badan ideal
Sebagian besar kasus diabetes adalah akibat kelebihan berat badan atau obesitas. Untuk itu, mulailah menurunkan berat badan sehingga mencapai berat badan ideal. Deena mengatakan, penurunan berat badan sebanyak 10 persen saja sudah menurunkan risiko prediabetes menjadi diabetes.

Tak perlu langsung diet ketat, mulailah dengan menghentikan konsumsi minuman yang manis dan mengurangi makanan yang berlemak tinggi.

2. Periksa kadar vitamin D dan tiroid
Menurut penelitian, orang dengan prediabetes yang kurang kadar vitamin D rendah lebih berisiko terkena diabetes dibanding mereka yang mendapat suplemen vitamin D.

Begitu pula halnya dengan kadar tiroid. Menurut hasil studi yang dipaparkan di Endocrine Society, peneliti menduga hormon tiroid dapat menjaga metabolisme tubuh.

3. Tetap aktif bergerak
Jangan malas bergerak jika tak ingin sakit. Olahraga teratur adalah salah satu kunci dalam mencegah diabetes. Olahraga membantu penurunan berat badan. Jika tidak terbiasa olahraga, mulailah dengan jalan cepat minimal 3 kali dalam seminggu.

4. Cek adanya sleep apnea
Orang dengan diabetes biasanya juga mengalami sleep apnea atau henti napas saat tidur. Sleep apnea terus menerus bisa mengurangi suplai oksigen di otak. Mengatasi sleep apnea dinilai dapat menurunkan risiko diabetes.

5. Konsumsi masakan yang sehat
Masakan sehat yang dimaksud adalah bukan hanya dari jenis makanannya, tetapi cara memasaknya. Menurut penelitian di Mount Sinai, mereka yang prediabetes lebih baik konsumsi makanan yang direbus atau dikukus. Hindari makanan yang digoreng untuk mencegah peradangan dan terjadi resistensi insulin.

6. Rajin cek kesehatan
Cek kesehatan secara berkala sangat penting dilakukan untuk mencegah diabetes. Rutinlah cek gula darah, kadar kolesterol, hingga tekanan darah. Bila menerapkan gaya hidup sehat, hasil cek kesehatan umumnya akan lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com