Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Turunkan Berat Badan Lebih Banyak? Tetapkan Target Ambisius

Kompas.com - 12/02/2017, 18:09 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Pedoman kesehatan merekomendasikan pelaku diet untuk membuat target penurunan berat badan yang realistis agar tidak kecewa saat target tersebut tidak tercapai dan akhirnya menyerah di tengah jalan.

Namun, target ambius ternyata lebih efektif untuk menurunkan berat badan lebih banyak dan cepat.

Sebuah penelitian di Inggris melibatkan 24.000 pelaku diet dunia untuk memasang target diet, baik target ambius serta target realistis.

Setelah melakukan diet sesuai target, pelaku diet dengan target ambius kehilangan dua kali lebih banyak berat badan ketimbang pelaku diet dengan target realistis.

Target realistis merupakan target sesuai dengan batas sehat, yaitu mengurangi 10 persen dari berat badan.

Sedangkan target ambius merupakan target sesuai dengan penurunan berat badan impian—lebih dari 10 persen—dan menetapkan olahraga dengan tuntutan tinggi.

Para peserta yang menghadiri sesi mingguan, semua memiliki indeks massa tubuh minimal 30, yaitu dalam kategori obesitas.

Mereka yang menetapkan target realistis, berhasil mengurangi berat badan maksimal hingga 11 persen, namun mereka yang memiliki target ambisius kehilangan berat badan rata-rata 19 persen dalam satu tahun.

Prof Amanda Avery, ahli gizi di Nottingham University, mengatakan bahwa saran untuk menetapkan target realistis dirancang untuk melindungi pelaku diet dari kekecewaan.

“Namun, menyarankan orang untuk melakukan penurunan berat badan yang terlalu realistis dapat menghambat pelaku diet untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya mereka lebih mampu," imbuhnya.

Dengan kata lain, memiliki target untuk menurunkan berat badan sesuai impian tidaklah buruk. Avery menyarankan untuk konsisten menganut pola makan sehat, bukan melewati waktu makan atau tidak makan sama sekali. Sedangkan yang perlu diperketat ialah sesi olahraga, yaitu 4-5 sesi per minggu minimal 1 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com