Selasa, 21 Februari 2017

Health

5 Hal yang Bisa Memicu Serangan Asma

Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Serangan asma bisa muncul tiba-tiba. Gejala serangan asma antara lain, sesak napas, mengi, dada sesak, dan disertai batuk-batuk.

Gejala yang muncul juga bisa berbeda-beda pada setiap orang tergantung tingkat keparahan asma. Memiliki inhaler akan sangat membantu jika memiliki asma yang cukup berat.

Umumnya, orang yang memiliki asma tak mau terlalu lelah atau melakukan olahraga berat karena khawatir dapat menimbulkan asma.

Seperti dikutip dari Health.com, sebenarnya berbagai hal lain yang bisa memicu serangan asma. Namun, pemicu serangan asma ini bisa berbeda-beda pula pada setiap orang.

1. Bulu hewan
Bulu hewan peliharaan seperti kucing dan anjing bisa memicu serangan asma pada beberapa orang. Bukan berarti Anda tak bisa memeliharanya. Hanya saja, rajinlah mencuci tangan setelah membelai hewan peliharaan Anda.

2. Asap rokok
Asap rokok bisa mengiritasi saluran pernapasan Anda. Akibatnya, orang yang memiliki asma rentan mengalami serangan. Orang yang memiliki asma tentunya jangan merokok dan hindari asap rokok dari orang lain.

3. Tungau debu
Tungau debu yang bisa menempel di sofa atau karpet rumah bisa memicu reaksi alergi, juga serangan asma. Rutinlah memberihkan perabotan rumah menggunakan alat vakum yang dapat membasmi tungau atau pembersih lainnya.

4. Jamur
Tanpa disadari, pertumbuhan jamur di tempat-tempat lembap dalam rumah juga dapat menyebabkan serangan asma bagi beberapa orang. Jaga kelembapan di rumah Anda untuk menghindari pertumbuhan jamur.

5. Udara dingin
Beberapa orang yang memiliki asma juga rentan mengalami serangan saat udara dingin. Udara dingin dapat menyempitkan saluran udara pernapasan, terutama pada orang yang punya asma.

Penulis: Dian Maharani
Editor : Bestari Kumala Dewi
Sumber: www.health.com,
TAG: