Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2017, 12:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber BBC News

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi kedokteran, perawatan kesehatan yang baik bagi orang lanjut usia, dan jaminan pensiun, menjadi faktor penyebab semakin tingginya usia harapan hidup manusia.

Para wanita di Korea Selatan akan menjadi kelompok pertama di dunia yang memiliki usia harapan hidup rata-rata 90 tahun.

Lima negara yang memiliki usia harapan hidup tertinggi untuk wanita di tahun 2030 berurutan adalah Korea Selatan, Perancis, Jepang, Spanyol, Swiss, dan Australia.

Untuk penduduk pria daftarnya adalah Korea Selatan, Australia, Swiss, Kanada, Belanda, dan Selandia Baru.

Demikian hasil analisa tim dari Imperial College London dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terhadap usia harapan hidup di 35 negara industrialis.

Diperkirakan pada tahun 2030 akan semakin banyak orang yang hidup sampai tua dan perbedaan usia harapan hidup antara pria dan wanita semakin pendek. Selama ini wanita memang diketahui lebih panjang umur.

Korea Selatan memiliki faktor yang lengkap untuk meningkatkan usia harapan hidup penduduknya. "Mereka memiliki tingkat persamaan yang baik dan bermanfaat bagi penduduknya, mulai dari pendidikan dan nutrisi," kata Prof.Majid Ezzati kepada BBC News.

Selain itu, menurut Ezzati, pemerintah KorSel juga berhasil melakukan pendekatan untuk mengatasi hipertensi. Negara ini juga memiliki angka obesitas paling rendah di dunia.

Jepang yang selama selalu menduduki ranking pertama dalam hal panjang umur tampaknya akan disalip negara lain. Saat ini negara yang harapan hidup penduduk wanitanya paling tinggi adalah Korea Selatan dan Perancis.

Sementara itu, pada penduduk pria ranking Jepang turun dari urutan empat menjadi 11.

Amerika Serikat tetap menempati urutan terendah dalam hal usia harapan hidup di negara-negara kaya. Di sini usia harapan hidup tertinggi pada pria adalah 80 tahun dan 83 tahun untuk wanita. Peringkat itu tak jauh berbeda dengan Meksiko dan Kroasia.

"Amerika Serikat adalah kebalikan dari Korea Selatan. Masyarakat di negara ini memiliki kesenjangan tinggi dan tidak punya asuransi kesehatan universal," kata Ezzati.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Lancet ini juga menunjukkan kesenjangan usia antara pria dan wanita semakin mendekat.

"Pria secara tradisional punya gaya hidup tak sehat, mereka merokok, minum alkohol, dan paling banyak yang mengalami kecelakaan dan korban pembunuhan. Namun, karena gaya hidup pria dan wanita sekarang semakin sama, demikian pula usia harapan hidup mereka," katanya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber BBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com