Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2017, 10:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Orang gemuk yang sedang berdiet cenderung makan banyak ketika makan di sebuah restoran, ungkap sebuah studi.

Dari 10 kali percobaan makan di restoran, responden dengan kategori gemuk (BMI di atas 25) makan terlalu banyak pada 6 kali kunjungan. Hanya 4 kunjungan mereka mampu memertahankan diet sehatnya.

Para peneliti mengatakan, kondisi ini disebabkan karena orang-orang cenderung menghadapi lebih banyak godaan untuk memanjakan diri dengan makanan, ketimbang saat mereka makan di rumah, tempat kerja, atau di mobil.

Godaan yang kerap dihadapi termasuk menenggak minuman manis, menikmati kue, camilan di goreng seperti kentang, atau terlalu banyak makan cokelat.

Sebaliknya, peserta memiliki godaan sedikit saat makan di rumah mereka sendiri, kantor, rumah orang lain, maupun mobil.

Selama penelitian, 150 peserta menghabiskan satu tahun untuk melaporkan apa yang mereka makan dan di mana lokasinya. Apakah mereka tergoda untuk istirahat atau berhenti berdiet.

Risiko makan banyak turun sekitar 40 persen saat makan di tempat kerja dan turun 30 persen saat makan di dalam mobil.

Pemimpin studi Profesor Lora Burke, dari University of Pittsburgh, mengatakan, "Penelitian tentang pencegahan kenaikan berat badan sangat penting untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.”

“Penting untuk membantu individu mengantisipasi tantangan dan memecahkan masalah pada situasi berisiko tinggi makan berlebih, sehingga mereka tetap pada rencana penurunan berat badan,” tambahnya.

Penemuan ini dipresentasikan pada konferensi yang diselenggarakan oleh American Heart Association.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com