Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Efektif Olahraga di "Gym" atau di Luar Ruangan?

Kompas.com - 13/03/2017, 07:35 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Olahraga di gym atau luar ruangan ternyata memiliki efektivitas yang berbeda bagi kesehatan. Tergantung pada misi olahraga yang Anda lakukan.

Ingin membentuk otot, pergilah ke gym

Peneliti Elizabeth C Schroeder dan rekan peneliti lainnya dari departemen kinesiologi dan nutrisi di University of Illinois, menemukan bahwa anggota gym 14 kali lebih aktif secara fisik, ketimbang orang yang berolahraga di luar ruangan dan tak tergabung dalam anggota gym.

Beberapa bulan menjadi anggota, peserta yang merupakan anggota gym memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil, pencapaian berat badan ideal lebih cepat, serta kekuatan jantung, fungsi paru-paru dan massa otot yang lebih baik.

Ingin lebih sehat secara mental, olahraga di luar ruangan lebih baik

Sementara rutin olahraga di gym mampu membentuk otot lebih cepat, tetapi peneliti dari School of Biological Sciences, University of Essex, Colchester, UK, menunjukkan bahwa berolahraga di luar ruangan memiliki manfaat lain.

Olahraga luar ruangan dapat meningkatkan kadar vitamin D Anda, mengurangi ketegangan dan depresi, dan membuat Anda merasa lebih positif tentang kehidupan, terutama jika Anda berjalan melalui pepohonan di taman atau hutan.

Lima menit pertama olahraga di luar ruangan dengan paparan sinar matahari pagi, sangat efektif membuat perasaan lebih baik.

Dengan keberagaman 'alam luar' termasuk hutan, pantai, pedesaan, taman, daerah hijau lokal dan bahkan kebun, peneliti menekankan, bersatu dengan alam memberikan banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Selaa bertahun-tahun, adanya ruang hijau juga dianggap menguntungkan bagi kesehatan manusia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com