Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2017, 08:17 WIB

KOMPAS.com - Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci untuk tubuh yang sehat dan tak mudah sakit. Bukan rahasia lagi bahwa kurang tidur atau kelelahan membuat kita rentan tertular penyakit.

Dalam penelitian yang dilakukan ahli saraf dan pakar tidur Nathaniel Watson terungkap bahwa kurang tidur menghampat proses genetik spesifik dalam sel yang membentuk sistem imun.

"Sistem imun tidak berfungsi sebagaimana mestinya saat tubuh kurang tidur," kata Watson.

Studi yang dilakukan Watson tersebut menguatkan bukti pentingnya tidur dalam kesehatan manusia. Studi lain yang mengungkap kaitan antara kekurangan tidur dengan kondisi penyakit juga sudah banyak dilakukan.

Dalam hal tidur, yang terpenting bukan hanya kualitas tetapi juga kuantitas. Ini berlaku bukan hanya pada orang dewasa tapi juga anak-anak.

Jadi, jika tak ingin tertular flu di musim flu seperti sekarang ini, jangan hanya bergantung pada suplemen vitamin tapi perhatikan juga durasi dan kualitas tidur Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com