Senin, 27 Maret 2017

Health

Berapa Banyak Kebutuhan Cairan Saat Berolahraga?

thinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Manusia berkeringat lebih banyak dari mamalia lainnya. Keringat menyebabkan kita kehilangan air dan elektrolit yang penting untuk tubuh agar dapat berfungsi optimal.

Elektrolit ditemukan di dalam darah dan cairan tubuh lainnya. Gunanya elektrolit adalah untuk mengatur hidrasi, PH darah, otot dan fungsi saraf.

Anda dapat tetap beraktivitas atau berolahraga dengan baik dan maksimal jika minum cairan yang tepat pada waktu yang tepat.

Agar tetap terhidrasi

Sebelum olahraga: Minum air minimal 15 menit sebelum aktivitas apapun.

Selama olahraga: Cobalah untuk minum 250 ml air setiap 20 menit.

Cara mudah untuk melihat apakah Anda sudah cukup terhidrasi adalah dengan menggunakan tes urin. Semakin jernih warnanya, semakin baik. Jika warna urin terlihat seperti air teh, artinya Anda mengalami dehidrasi.

Apakah Anda Berkeringat Terlalu Banyak?

Berikut adalah cara untuk mengetahuinya dengan pasti: Timbang diri Anda sebelum dan setelah latihan, lalu kurangi berat air yang Anda minum saat latihan.

Untuk setiap pon (satu pon sama dengan 0,454 Kg) berat badan yang hilang selama latihan, minumlah 16 ons air.

Jadi, jika berat badan Anda lebih ringan 0.5 Kg setelah lari selama satu jam, minumlah satu liter air atau lebih sebelum atau selama latihan berikutnya.

Perlu diingat, jika perbedaan bobot tubuh antara sebelum dan sesudah latihan mencapai dua persen dari berat badan, kinerja atletik Anda akan melemah. Misalnya berat badan Anda 80 Kg, kehilangan dua persen artinya kehilangan 1,5 Kg bobot tubuh.

Kehilangan berat lebih dari dua persen, dapat menimbulkan risiko kesehatan, termasuk denyut jantung dan suhu tubuh menjadi tidak normal.

Minuman yang baik untuk latihan Anda

Air putih adalah yang terbaik untuk sebagian besar jenis latihan. Tapi, jika Anda benar-benar telah memeras keringat selama lebih dari 30 menit, minuman olahraga dapat menjadi pilihan.

Minuman olahraga mengandung kalium, natrium dan elektrolit lain untuk mengganti mineral yang hilang melalui keringat.

Selain itu, konsentrasi karbohidrat dalam minuman olahraga memungkinkan cairan ini 30 persen lebih cepat diserap oleh tubuh dibanding air putih. Berarti, energi Anda pulih lebih cepat daripada hanya minum air putih.

Apa pun yang Anda minum, lebih baik pilih yang dingin dan diminum sesering mungkin sedikit demi sedikit.

Strategi ini telah terbukti bisa menjamin cairan terserap lebih cepat, menjaga tingkat energi dan menjamin Anda terhidrasi dengan baik.

Penulis: Lily Turangan
Editor : Bestari Kumala Dewi
Sumber: Men'shealth,
TAG: