Senin, 27 Maret 2017

Health

Tak Harus Makan Buah dan Sayuran Organik untuk Sehat

Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Merasa harga buah dan sayuran organik terlalu mahal? Jangan khawatir, ternyata beberapa jenis buah dan sayur lebih tahan kontaminasi pestisida.

Environmental Working Group (EWG) di AS baru saja merilis pedoman 2017 Shoppers' Guide to Pesticides in Produce, yang berisi daftar buah dan sayuran yang ditemukan paling sedikit terkena dampak paparan pestisida dalam analisis tes yang dilakukan bersama Departemen Pertanian AS.

Dengan kata lain, tak semua buah dan sayur perlu dibeli organic, bila tujuan Anda membeli pangan organik adalah untuk mengurangi paparan pestisida.

Kecuali Anda memiliki tujuan lainnya, seperti mendukung sistem produksi yang tidak meracuni lingkungan, membeli pangan organik mungkin sudah menjadi hal wajib.

Namun menurut Sonya Lunder, seorang analis senior di EWG, masih sangat sedikit orang yang makan 100 persen organik.

Lebih banyak orang membuat keputusan yang sehat, namun tetap membandingkan dengan pengeluaran mereka.

Hal senada juga diungkapkan oleh ahli gizi Jansen Ongko, Msc, RD, bahwa untuk sehat tidak harus mengonsumsi buah dan sayur organik.

"Produk organik itu belum tentu kandungan gizinya lebih tinggi. Kalau memang secara sosio ekonomi mampu membeli produk organik boleh saja, tapi bukan berarti yang non organik enggak sehat," papar Jansen dalam acara Konferensi Pers: PT Sewu Segar Nusantara dan PT Nusantara Tropical Farm Mengukuhkan Komitmen akan Keamanan Pangan Buah Nusantara Bermerek Sunpride Berstandar Internasional di Cassis Kitchen, Jakarta (16/3).

Sayuran berupa jagung manis dan alpukat dinilai paling bersih dari pestisida. Pestisida terdeteksi hanya satu persen dalam daging jagung manis dan alpukat.

Mengingat alpukat organik relatif mahal , ini bisa menjadi kabar baik bagi pecinta alpukat. Hanya saja, kulit alpukat perlu dicuci bersih sebelum dipotong.

Buah dan sayuran lain yang paling sedikit terkena dampak pestisida ialah nanas, pepaya, asparagus, bawang, dan kubis. Lebih dari 80 persen dari sampel yang diuji bahkan tidak ada residu pestisida sama sekali.

Berikut 15 jenis buah dan sayuran yang tidak perlu khawatir bila Anda tidak membelinya secara organik:

1. Jagung manis.
2. Alpukat.
3. Nanas.
4. Kubis.
5. Bawang.
6. Kacang polong manis (beku).
7. Pepaya.
8. Asparagus.
9. Mangga.
10. Terong.
11. Melon.
12. Kiwi
13. Melon jingga.
14. Kembang kol.
15. Anggur.

 

Editor : Bestari Kumala Dewi
Sumber: MSN.com,
TAG: