Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Ini Agar Ritual "Ngopi" Menyehatkan Tubuh

Kompas.com - 17/03/2017, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Bila meneguk secangkir kopi di pagi hari adalah andalan Anda agar bisa semangat dan berkonsentrasi, kemungkinan Anda tak terlalu peduli dengan sehat tidaknya kopi.

Walau begitu, minum satu atau dua cangkir kopi sebelum memulai hari bisa menjadi penyebab mengapa Anda sulit mencapai target kesehatan.

Agar kecintaan Anda pada kopi tak berdampak negatif pada tubuh, ketahui apa saja yang perlu diketahui tentang "si hitam" ini.

Kopi perhari: Tak lebih dari satu cangkir

Jenis kopi paling sehat: Kopi hitam

Jenis susu untuk campuran kopi: Susu kacang. Ini karena kopi dan susu sama-sama asam. Susu kacang, baik itu kacang almond atau macademia akan memberi tekstur lebih creamy.

Pemanis: Pilihlah pemanis stevia atau xylitol karena kandungan kalorinya rendah.

Saat tepat minum kopi: Jangan langsung bangun tidur, jangan saat perut kosong, dan jangan setelah jam 4 sore.

Di pagi hari kadar kortisol dalam tubuh secara alami akan tinggi. Ini bertujuan agar kita bisa bangun tidur. Jadi, jika bangun tidur Anda langsung minum kopi, sebenarnya Anda bersaing dengan kemampuan alami tubuh untuk membuat kita terjaga.

Nikmatilah kopi setelah makan dan bukan dalam kondisi perut kosong karena dapat mengiritasi dinding lapisan usus dan berpengaruh lebih besar pada sistem saraf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com