Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Langsing? Jangan Pernah Lewatkan Waktu Makan

Kompas.com - 20/03/2017, 12:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Melewatkan makan siang karena tidak lapar memang tak akan membuat Anda sakit. Namun, kebiasaan ini bisa mengacaukan program penurunan berat badan jangka panjang.

Banyak yang berpikir bahwa melewatkan waktu makan justru akan membuat Anda kehilangan berat badan dengan lebih cepat. Ahli gizi Lucy Beaumont tidak berpendapat demikian.

Tetap makan di waktu makan walau Anda tidak lapar, menurut Lucy akan membantu mempromosikan pengendalian nafsu makan yang baik.

Bila Anda sudah memiliki waktu makan yang teratur, maka Anda akan terhindar dari makan berlebihan akibat rasa lapar yang tak memiliki ritme.

“Saat Anda tidak membiasakan tubuh untuk memiliki jam makan, maka tubuh bisa merasa lapar kapan saja, Anda pun bisa makan atau ngemil kapan saja.”

Tetapi sesekali melewatkan waktu makan karena terlalu sibuk tidaklah masalah. Asalkan jangan jadikanini sebuah kebiasaan.

Jika Anda memiliki waktu untuk makan sesuai jam makan, namun tidak merasa lapar, makanlah sesuatu yang ringan dalam porsi kecil, seperti segenggam kacang panggang, salad sayur, atau semangkuk buah.

Lucy mengakui, tidak lapar pada waktu makan dapat menjadi salah satu indikasi dari tiga hal, entah Anda sudah makan terlalu banyak makan di waktu makan sebelumnya, metabolisme Anda lambat, atau bahwa Anda terlalu berlebihan saat ngemil.

"Jika Anda kerap kehilangan keinginan makan di jam makan, cobalah untuk memotong seperempat hingga setengah porsi makan, hentikan pula ngemil di antara waktu makan," kata Lucy.

Memiliki jam makan teratur akan mendukung metabolisme yang baik. Pada akhirnya, ini akan mendukung tubuh mencapai berat badan idealnya.

"Nafsu makan yang teratur juga akan mendukung kesehatan kadar gula darah, energi, manajemen berat badan, dan mengurangi risiko penyakit ," kata Lucy.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com