Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2017, 07:49 WIB

KOMPAS.com - Salah satu penyakit pada mata yang banyak dialami anak-anak adalah mata malas (ambylopia). Kondisi ini terjadi karena mata dan otak tidak berkomunikasi dengan baik.

Gangguan ini cenderung dialami oleh anak yang lahir prematur atau mereka yang memiliki keterlambatan perkembangan.

Gejala mata malas antara lain mata tampak menurun, ketajaman penglihatan berkurang, serta mata tampak tidak berfungsi dengan baik.

Diperkirakan 6 persen anak usia prasekolah memiliki mata malas atau kondisi yang meningkatkan risikonya. Kondisi gangguan mata lainnya adalah mata juling dan mata yang tidak fokus dengan baik.

Mengenali gangguan mata pada anak usia kurang dari 5 tahun sangat penting, karena setiap kelainan yang ditemukan masih bisa dikoreksi sebab otak anak masih berkembang.

Anak sebaiknya dibawa ke dokter mata di usia 3-5 tahun untuk mendeteksi ada tidaknya mata malas. Jika ambylopia tidak ditangani di usia 6-10 tahun, penglihatan anak bisa rusak permanen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com