Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos Menghilangkan Selulit yang Tak Selalu Benar

Kompas.com - 31/03/2017, 10:09 WIB

KOMPAS.com - Banyak perempuan akan rajin berolahraga ketika menyadari perubahan fisik yang membuatnya tidak percaya diri. Termasuk dengan munculnya selulit. Tak sedikit perempuan yang memiliki selulit, dan berbagai cara pasti akan dilakukan untuk menghilangkannya.

Namun, tak banyak yang tahu dan paham tentang selulit, dan masih banyak yang memercayai mitos tentang selulit.

Mari perhatikan beberapa fakta dan mitos tentang selulit berikut ini.

- Olahraga menghilangkan selulit
Ternyata, menghilangkan selulit dengan berolahraga hanyalah mitos. Dengan berolahraga saja tak cukup untuk menghilangkan lemak di bawah kulit yang menyebabkan selulit.

Namun, olahraga seperti berjalan, lari, atau skipping bisa melancarkan aliran darah dan metabolisme tubuh.

- Hormon mempengaruhi selulit
Menyeimbangkan hormon tubuh bisa mengurangi pembentukan sel lemak pemicu selulit merupakan fakta.

Kekurangan progesteron juga bisa memicu timbulnya selulit. Coba konsultasikan pada dokter, untuk penanganan dan terapi hormon yang cocok untuk menghilangkan selulit di tubuh kita.

(Baca juga: Ciri Orang Bertubuh Kurus tetapi Banyak Lemak)

- Mengurangi kalori adalah cara menghilangkan selulit
Menghilangkan selulit dengan mengurangi konsumsi kalori ternyata mitos. Faktanya, perempuan yang kurus bisa memiliki selulit juga.

Jangan paksakan diet ketat hanya untuk menghilangkan selulit. Diet dan olahraga ketat justru bisa memicu kontraproduktif dan berisiko kehilangan massa otot yang memicu selulit semakin bertambah.

- Diet Mediteranian paling efektif
Selulit adalah kondisi inflamasi. Dengan menggunakan pola diet mediteranian yang kaya dengan antioksidan, bisa membuat lemak di bawah kulit penyebab selulit hilang.

Hindari makanan manis karena bisa memicu lemak semakin bertambah. Waspada pada garam juga, yang bisa mengganggu simpanan air dalam tubuh. Perbanyak minum air putih, untuk menstimulasi pencernaan dan mengurangi risiko terkena inflamasi.

- Perawatan herbal bisa membantu menghilangkan selulit
Menggunakan perawatan herbal bisa membantu menghilangkan selulit kita, lo. Gunakan bahan-bahan herbal seperti dandelion, birch, jinten, artichoke, ginkgo biloba, dan lainnya yang bisa melancarkan peredaran darah dan mengurangi risiko berkurangnya fungsi metabolisme tubuh.

Maka jangan sampai salah percaya pada mitos dan mengabaikan faktanya, ya! (Nova.grid.id/Ade Ryani)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com