Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Ilusi Terindah di Semesta, Sinar Aneh Bergerak Melampaui Cahaya

Kompas.com - 24/05/2017, 15:45 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

KOMPAS.com - Sinar aneh dari galaksi M87 tampak bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya, tepatnya 5 kali kecepatan cahaya menurut pengukuran dengan teleskop antariksa Hubble.

Ditemukan pertama kali tahun 1995 dan diikuti dengan penemuan sinar mirip di galaksi lain, fenomena itu mungkin akan membuat siapa pun bertanya, apa benar lebih cepat dari kecepatan cahaya?

Cahaya yang bergerak dengan kecepatan 3 juta meter per detik sampai saat ini masih diakui sebagai "materi" dengan kecepatan tertinggi. Jika ada yang mengalahkan kecepatannya, itu fenomenal.

Analisis oleh para ilmuwan menunjukkan bahwa sinar itu sebenarnya bergerak mendekati kecepatan cahaya, tidak melebihinya.

Meski demikian, fenomena sinar yang tampak lebih cepat dari cahaya itu tetap menarik, menunjukkan apa yang disebut superluminal motion, sebuah ilusi tingkat alam semesta.

Sinar tersebut awalnya tercipta dari sebuah gas yang masuk ke lubang hitam di galaksi M87. Gas yang masuk memicu pembentukan plasma yang kemudian memancarkan sinar.

Fenomena ini tak baru. Sejak tahun 1918, astronom Herber Curtis telah mengamatinya di M87. Astronom lain mengamatinya di galaksi lain.

Sinar bisa tampak bergerak lebih cepat dari yang sebenarnya karena tidak bergerak lurus ke arah pandangan manusia tetapi sedikit berbelok dengan sudut yang sangat kecil.

Dengan kecepatan yang mendekati cahaya, sinar akan datang sampai pada titik tertentu yang teramati manusia lebih cepat dari plasma yang tercipta akibat gas yang masuk lubang hitam.

Sinar bisa sampai pada pandangan manusia 10 hingga 20 tahun lebih awal dari yang seharusnya.

Fenomena sinar di M87 bisa dipelajari dengan lebih mudah karena jarak galaksi yang tergolong dekat dibanding galaksi lainnya.

Dengan teleskop antariksa Hubble, astronom mengamati plasma dan sinar di galaksi M87 sejak 1999 dan mengambil citranya selama 13 tahun.

Eileen Meyer, asisten profesor fisika di University of Maryland Baltimore mengatakan, sebagai astronom, sinar di M87 biasa tetapi secara personal mengagumkan.

"Kita bisa melihat dalam rentang hidup kita bahwa itu bergerak. Itu gila," katanya seperti dikutip New Scientist, Senin (22/5/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com