Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2018, 14:45 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Anggapan yang berkembang selama ini bahwa buah durian mengandung kolesterol adalah tidak benar atau hoaks.

Hal ini membuat sebagian masyarakat khawatir untuk mengonsumsi buah ini. Berbagai percakapan formal maupun informal, sering mengaitkan durian dengan buah yang mendandung kolesterol.

 

Narasi yang beredar
 
Karena anggapan bahwa durian mengandung kolesterol tersebut dianggap benar, banyak tulisan, termasuk di media sosial, yang menyebut durian mengandung kolesterol sehingga harus berhati-hati mengonsumsinya.
 
Misalnya, tulisan yang diposting akun Vip Magic Flek Cream ini di Facebook. Akun ini memposting tulisan berjudul "Ketahui Manfaat dan Bahaya Durian bagi Kesehatan". Salah satu paragrafnya berbunyi seperti ini:
 
"Menyebabkan Penyakit Jantung
Penyakit jantung bisa disebabkan oleh konsumsi durian secara berlebihan. Kasus orang meninggal dikarenakan sudah ada riwayat sakit jantung di dalam dirinya. Penyakit jantung yang diderita akan diperburuk dengan konsumsi durian yang berlebihan. Penyebab seseorang terkena sakit jantung dan berakibat kematian adalah degup jantung cenderung cepat. Alkohol dan kandungan kolesterol yang tinggi pada buah durian membuat detak jantung penderita jantung terpacu lebih cepat lagi."
 
Salah satu tulisan di Facebook ini menyebutkan bahwa durian mengandung kolesterol. Faktanya, durian tidak mengandung kolesterol.Facebook/Vip Magic Flek Cream Salah satu tulisan di Facebook ini menyebutkan bahwa durian mengandung kolesterol. Faktanya, durian tidak mengandung kolesterol.

Selengkapnya tulisan di Facebook tersebut bisa dibaca di sini.
 
Akun lain di Facebook, yaitu akun Warga Taman Keramat, juga memposting tulisan yang menyebutkan kandungan kolesterol durian, yang bisa dibaca di sini.


Penelusuran dan verifikasi
 
Kepada Kompas.com, dr Diana Suganda SpGK, spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, memaparkan, kandungan gizi dalam 100 gram daging durian adalah energi sebesar 147 kalori, lemak 5,33 gram, protein 1,47 gram, karbohidrat 27 gram, dan kolesterol 0 miligram.

“(Jadi) Tidak benar, buah-buahan tidak mengandung kolesterol,” kata Diana.

Meski demikian, konsumsi durian harus dibatasi karena mengandung kalori dalam jumlah tinggi.

 
Baca selengkapnya penelusuran Kompas.com:
Jangan Percaya Mitos, Durian Tidak Mengandung Kolesterol
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com