Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.500 Tahun Jadi Misteri, Identitas Monster Loch Ness Bakal Dibongkar

Kompas.com - 19/06/2018, 11:16 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor


KOMPAS.com - Danau Loch Ness yang terletak di dataran tinggi Skotlandia menyimpan mitos misterius.

Kabarnya, tempat itu ditinggali monster Loch Ness atau kadang disebut juga Nessie. Dikabarkan, makhluk ini telah terlihat lebih dari 1.000 kali dalam 1.500 tahun terakhir.

Sosoknya yang misterius dan belum teridentifikasi, membuat banyak ilmuwan beranggapan laporan penampakannya hanya hoax.

Namun, banyak juga yang percaya makhluk ini benar-benar ada, dengan salah satu teori paling populer Nessie dianggap sebagai seekor plesiosaurus.

Untuk membuktikan kebenarannya, seorang ilmuwan asal Selandia Baru sedang menuju Skotlandia bersama timnya untuk mengumpulkan sampel air danau. Nantinya sampel ini akan diteliti dan bisa menjadi petunjuk makhluk apa yang bersembunyi di dalam danau.

Baca juga: Loch Ness Terdampar di Pantai Georgia, Hewan Apa Sebenarnya?

"Lebih dari 1.000 orang mengklaim bahwa mereka telah melihat monster. Mungkin ada sesuatu yang luar biasa di luar sana," kata ahli genetika Neil Gemmell dari Universitas Otago kepada kantor berita Agence France-Presse.

Profesor Gemmell mengatakan bahwa sampel air yang diambilnya akan dinilai untuk "DNA monster", tetapi mengakui bahwa proyeknya sebagian besar berkaitan dengan pengujian teknik DNA yang dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi umum tentang dunia alam.

DNA lingkungan, atau eDNA, adalah teknik penelitian yang memanfaatkan jejak organik yang ditinggalkan oleh organisme hidup untuk mengidentifikasi mereka, dan sekaligus memberikan para ilmuwan informasi penting tentang seluruh ekosistem.

Sejarah panjang penampakan

Penampakan pertama makhluk aneh di Loch Ness, sebuah danau di Skotlandia utara, dikaitkan dengan Saint Columba, yang membawa agama Kristen ke Skotlandia pada abad keenam.

Penampakan terbaru adalah pada 26 Maret tahun ini dilihat oleh pasangan dari Amerika Serikat.

Banyak orang yang mengaku telah melihat makhluk itu menggambarkannya sebagai makhluk reptil berleher panjang. Ini memunculkan teori bahwa Nessie, julukan monster Loch Ness, bisa jadi merupakan plesiosaurus yang tersisa dari zaman dinosaurus. Hewan tersebut dianggap telah punah setidaknya selama 66 juta tahun.

Baca juga: Ikan 150 Kg Terdampar di Australia, Spesiesnya Masih Misteri

Teori lain mengatakan Nessie mungkin adalah seekor ikan sturgeon atau ikan lele Wels (Wels catfish), meskipun tidak ada yang pernah tertangkap di danau tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com