Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siklon Tropis Mangkhut Terbentuk, Akankah ada Gelombang Tinggi Lagi?

Kompas.com - 12/09/2018, 20:06 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - BMKG memberikan peringatan akan siklon tropis Mangkhut yang terjadi di wilayah timur Indonesia meliputi Papua barat, Maluku utara, dan Sulawesi utara. Siklon tropis Mangkhut diketahui menyebabkan gelombang yang meninggi hingga lebih dari 3 meter.

Oleh karenanya, BMKG menghimbau para nelayan yang berada di wilayah yang disebutkan untuk berhati-hati dalam melaut dan menghindari mencari ikan ke arah Filipina. Lalu, akankah ada fenomena serupa lagi yang dapat berdampak pada tingginya gelombang laut Indonesia?

Hary Djatmiko, Kabag Humas BMKG menerangkan, hal ini tidak bisa diprediksi jauh-jauh hari. Bahkan wilayah, dampak, dan ketinggian gelombang yang akan terjadi tidak bisa diprediksi jauh-jauh hari.

“Cikal bakalnya badai itu di perairan sekitar wilayah Indonesia, tumbuh dan berkembangnya menjauhi wilayah Indonesia. Sejauh ini, sampai hari ini, belum ada indikasi bibit badai yang ada di belakangnya Mangkhut, baik dari utara atau selatan Indonesia,” ujar Hary saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (12/09/2018).

Baca juga: Siklon Tropis Mangkhut Hampiri Timur Indonesia, Ini Dampaknya

Ia kembali menjelaskan, untuk dapat mendeteksi apakah akan ada fenomena serupa yang terjadi dan berdampak tidak langsung pada perairan Indonesia, tidak bisa dilakukan jauh-jauh hari.

“Itu terdeteksi manakala tiga hari sebelumnya. Jadi kita baru bisa tahu tiga hari sebelumnya diawali oleh bibit badai,” jelasnya.

“Gelombang tinggi, angin, dan sebagainya, itu skalanya harian, baru akan tahu seminggu sebelumnya. Jadi ‘Oh ada angin kencang, daerah mana, akan mempengaruhi gelombang enggak?’ Itu baru kita bisa memprediksi apakah akan ada gelombang tingginya atau tidak,” tambah Hary.

Sikon Tropis Mangkhut diperkirakan akan berlangsung hingga 14 September 2018 mendatang.

Hary mengatakan, sampai saat ini sudah ada daerah-daerah yang gelombangnya mencapai ketinggian di atas 2,5 meter. Namun dari pantauan BMKG, sampai saat ini belum ada tanda-tanda badai susulan yang akan berpengaruh pada ketinggian gelombang laut Indonesia.

“Sejauh ini belum ada indikasi bibit badai baru,” pungkas Hary.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com