Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penemuan yang Mengubah Dunia: Korek Api, Pertama Dibuat oleh China

Kompas.com - 20/09/2018, 21:28 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

 

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan menyalakan api tidak dengan korek? Apa yang Anda gunakan untuk menghasilkan api?

Mungkin Anda menggesekkan dua batu secara bersamaan untuk api, atau bisa juga menggosokkan kayu. Namun, kedua cara ini cukup sulit dilakukan.

Ini membuat korek api sebagai salah satu penemuan yang berharga. Tapi, korek api yang kini kita gunakan telah mengalami sejarah yang sangat panjang.

Dari China

Sejarah ini bermula di China sekitar tahun 950 masehi. Dalam sebuah buku yang berjudul Catatan Tentang Dunia dan Keanehannya, penulis Tao Gu menulis deskripsi awal korek api.

"Jika terjadi keadaan darurat di malam hari, mungkin perlu waktu untuk membuat cahaya untuk menyalakan lampu. Tetapi seorang pria yang cerdik merancang sistem kayu pinus dengan belerang yang sudah diresapi dan menyimpannya siap untuk digunakan," tulis Tao Gu.

"Pada sedikit sentuhan api, mereka meledak menjadi api. Satu mendapat sedikit nyala seperti biji jagung. Hal yang luar biasa ini dulunya disebut 'pembawa cahaya', tetapi kemudian ketika itu menjadi sebuah artikel perdagangan namanya diubah menjadi 'tongkat api'," sambung tulisan itu.

Meski literatur menunjukkan tahun tersebut, tapi para ahli percaya korek api ditemukan beberapa ratus tahun sebelumnya. Mereka percaya penemuan ini dibuat tahun 577 masehi oleh perempuan Qi Utara.

Teks lain tentang penemuan serupa ditulis oleh Wu Lin Chiu Shih sekitar tahun 1270. Dalam tulisannya, Shih menyebut bahwa korek api sulfur telah dijual di pasar Hangzhou.

Tahun tersebut bertepatan dengan waktu kunjungan Marco Polo. Kemungkinan, kunjungan tersebutlah yang membuat korek api menyebar ke berbagai belahan dunia.

Baca juga: Terungkap, Neanderthal Pertama Kali Bikin Api Sejak 50.000 Tahun Lalu

Korek Api Gesek

Beratus tahun kemudian, korek api gesek mulai diciptakan. Penciptanya adalah Hennig Brandt dari Hamburg, Jerman.

Korek api jenis ini tercipkan dari percobaan yang dilakukan Brandt pada 1669. Saat itu, dia mencoba membuat emas dari logam lain.

Sayangnya, bukan emas yang tercipta melainkan fosfor. Selain itu, dia juga menemukan bahwa fosfor memiliki sifat mudah terbakar.

Mendapati percobaannya tak sesuai harapan, Brandt mengabaikan temuannya. Tapi ini tidak dilakukan oleh asistennya, Robert Boyle.

Pada 1680, Boyle melapisi kertas kasar dengan fosfor dan serpihan kayu dengan belerang. Uniknya, ketika serpihan kayu ditarik melalui kertas kasar, benda itu terbakar.

Namun, karena kelangkaan fosfor, penemuan ini masih terbilang mahal. Karenanya, hanya orang kaya yang bisa mengakses temuan baru tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com