Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kurang Minum Bisa Menyebabkan Sakit Pinggang?

Kompas.com - 11/06/2021, 10:32 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber ,

KOMPAS.com – Pernahkah Anda mendengar pernyataan kurang minum bisa menyebabkan sakit pinggang?

Jika pernah? Bagaimana reaksi Anda? Apakah Anda pada akhirnya menjadi berupaya selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh?

Jika iya, Anda lebih baik mempertahankan kebiasaan tersebut karena mencukupi kebutuhan cairan tubuh secara umum baik untuk kesehatan.

Baca juga: Bagaimana Kurang Minum Bisa Sebabkan Gagal Ginjal?

Tapi, benarkah kurang minum bisa menyebabkan sakit pinggang?

Melansir Atlantic Brain & Spine, kurang minum mungkin dapat menyebabkan sakit pinggang jika sampai lebih dulu menimbulkan dehidrasi.

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit punggung ketika bahan mirip agar-agar (gelatinous) di dalam cakram (bantalan sendi) Anda kehilangan air dan tidak mampu menahan berat tubuh Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan cakram itu kempis yang dapat memberi tekanan pada saraf sensitif yang keluar dari tulang belakang.

Seperti diketahui, di antara setiap dua ruas tulang di tulang belakang Anda, ada cakram yang memiliki tugas utama menjaga posisi tulang belakang.

Cakram berfungsi memberikan bantalan, mencegah benturan antartulang, meredam goncangan, dan mendukung mobilitas tulang belakang.

Sekarang, penting untuk dicatat bahwa cakram Anda dirancang sangat mirip dengan donat jeli. Di mana, cakram ini memiliki cincin serat luar yang kuat dengan zat yang lebih lembut dan lebih kenyal di tengahnya.

Pusat gelatinous yang dikenal secara ilmiah sebagai nukleus pulposus ini terutama terdiri dari air dan yang menyediakan sebagian besar bantalan untuk tulang belakang Anda.

Baca juga: 9 Bahaya Tak Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Sepanjang hari, saat tulang belakang Anda mengalami keausan alami, air yang terletak di dalam cakram secara bertahap “bocor” keluar.

Biasanya ini bukan masalah karena gravitasi akan menarik air ke tulang belakang Anda dan memungkinkan cakram Anda untuk terus-menerus rehidrasi saat Anda bergerak.

Tapi, ketika Anda tidak cukup minum, tidak ada cukup air di tubuh Anda untuk merehidrasi cakram dan cakram mulai menyusut.

Di sinilah masalah mulai muncul. Ingatlah bahwa bahan seperti agar-agar di tengah cakram Anda bertindak sebagai peredam goncangan.

Nah, ketika cakram mengalami dehidrasi, hampir semua berat badan Anda berada di cincin luar cakram yang tidak dirancang untuk membawa beban yang begitu berat, dan sebenarnya bisa mulai menipis di bawah tekanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com