Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mata Terkena Abu Rokok, Kenali Bahaya dan Cara Mengobatinya

Kompas.com - 22/12/2021, 08:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa orang mengeluhkan matanya terkena abu rokok ketika sedang berkendara di jalan.

Ketika abu rokok masuk ke mata, konsentrasi seseorang bakal terganggu karena mata terasa tidak nyaman dan refleks tangan biasanya bakal mengucek mata.

Refleks mata kelilipan abu rokok ini ternyata tidak tepat karena bisa berisiko bagi kesehatan indra penglihatan.

Baca juga: Awas, Merokok Bisa Jadi Penyebab Pengentalan Darah

Sebenarnya, regulasi yang mengatur pengemudi kendaraan bermotor dilarang merokok sembari berkendara di jalan sudah ada sejak 2019. Namun, hingga kini tetap saja masih ada pengendara yang nekat melakukannya.

Berikut penjelasan apa saja bahaya mata terkena abu rokok dan cara mengatasinya.

Bagaimana dampaknya jika mata terkena abu rokok?

Paparan abu rokok yang masuk ke mata dapat menyebabkan iritasi mata. Ketika mata kelilipan abu rokok ini dikucek, seseorang rawan mengalami abrasi kornea mata.

Melansir Emedicine, abrasi kornea mata menyebabkan kornea atau lapisan pelindung mata tergores dan mengalami peradangan.

Beberapa gejala abrasi kornea yang perlu diwaspadai di antaranya mata rasanya seperti terganjal benda asing atau kelilipan, dan kornea terasa lecet.

Selain itu, penderita juga merasakan gangguan penglihatan atau pandangan jadi kabur, mata terasa sakit saat terkena cahaya terang, otot di sekitar mata kejang sehingga penderita jadi sering memicingkan mata, serta mata berair.

Jika Anda merasakan gejala abrasi kornea, segara konsultasikan ke dokter. Jika tidak diobati, infeksi karena iritasi mata ini bisa menyebabkan munculnya ulkus kornea.

Baca juga: Waspadai Bahaya Laten Paparan Asap Rokok Tak Langsung Thirdhand Smoke

Cara mengobati mata kena abu rokok

Ketika mata terkena abu rokok, refleks seseorang biasanya akan menguceknya. Namun, ada baiknya mulai sekarang Anda berhati-hati karena mata justru rawat mengalami iritasi sampai abrasi kornea.

Melansir Mayo Clinic, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati mata terkena abu rokok, antara lain:

  • Bilas mata dengan air steril, Anda bisa menggunakan cawan khusus untuk mata atau gelas minuman kecil yang sudah dibersihkan
  • Berkedip beberapa kali, dengan begitu partikel kecil seperti abu rokok dan debu yang mengganjal di mata bisa keluar dengan sendirinya
  • Tarik kelopak mata atas ke bawah, sehingga mata bisa berair dan partikel abu rokok yang mengganjal di mata bisa tersapu air mata

Kebanyakan iritasi mata karena mata kena abu rokok bisa sembuh dalam waktu satu sampai dua hari.

Perlu diingat, jangan menyentuh bola mata yang kelilipan dengan kapas, pinset, atau alat lainnya. Selama proses penyembuhan, sebaiknya Anda tidak menggunakan lensa kontak.

Baca juga: 8 Alasan Merokok Dapat Merusak Kesehatan Mata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com