Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Akupuntur, Atasi Sakit Kepala hingga Efek Kemoterapi

Kompas.com - 10/06/2022, 13:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akupuntur merupakan teknik kesehatan dari Tiongkok yang dilakukan dengan cara menusukkan jarum kecil pada titik-titik tertentu di tubuh.

Pada dasarnya, akupuntur bertujuan untuk menyeimbangkan energi tubuh (qi) pada jalur energi yang disebut meridian.

Pengobatan ini umumnya tidak menyebabkan sakit, meski menggunakan jarum sebagai alat yang ditusuk ke tubuh manusia.

Baca juga: Akupuntur Terbukti Bisa Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?

Berdasarkan penelitan Grant Chu, asisten profesor klinis di University of California, Los Angeles, akupuntur memiliki banyak manfaat positif.

Meredakan nyeri kronis

Akupuntur dapat membantu mengurangi nyeri punggung bagian bawah dan lutut akibat osteoarthritis (OA) atau ausnya jaringan pelindung di ujung tulang (tulang rawan) yang terjadi bertahap dan semakin parah.

Sebuah jurnal yang diterbitkan pada Mei 2017 di Pain, hampir 18 ribu pasien nyeri kronis (termasuk nyeri punggung bawah, leher, dan bahu), merasakan bahwa akupuntur mengurangi rasa sakit selama 12 bulan.

Kemudian, studi yang dilakukan University Medical Center of Berlin menyatakan, pasien nyeri punggung yang menerima pengobatan ini selama 8 minggu akan menunjukkan pemulihan yang signifikan.

Atasi sakit kepala dan migrain

Terapi akupuntur ternyata dapat erangsang saraf dalam melepaskan hormon endorfin atau zat kimia yang berperan sebagai penghilang rasa sakit.

Melihat fungsinya sebagai penghilang rasa sakit, otomatis bisa membantu mengatasi migrain dan sakit kepala.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Migrain secara Alami dan dengan Obat

Meredakan asma

Akupuntur dapat menjadi obat tambahan bagi penderita asma, khususnya yang disebabkan karena alergi.

Dalam jurnal yang diterbitkan The Journal of Alternative and Complementary Medicine pada April 2017, penderita asma yang menerima 15 perawatan akupuntur selama tiga bulan bisa pulih lebih cepat.

Atasi efek samping kemoterapi

Metode kemoterapi yang biasanya dilakukan oleh penderita kanker menimbulkan efek samping berupa mual dan muntah. Seiring bertambahnya dosis kemoterapi, seorang pasien juga mengalami efek samping lain, seperti sakit kepala, pusing dan sembelit.

Dalam penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, efek samping tersebut ternyata bisa diredakan dengan akupuntur.

Para peneliti menyimpulkan, akupunktur adalah terapi komplementer yang aman dan efektif untuk pasien dengan kanker yang mengalami efek samping mual, muntah, dan pusing, akibat kemoterapi.

Stres, cemas, dan depresi ringan

Akupuntur dapat menangkal stres dengan cara melepaskan neurotransmitter seperti hormom endorfin dan mengurangi produksi hormon stres seperti kortisol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com