Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menjaga Kesehatan Prostat yang Penting bagi Pria

Kompas.com - 11/06/2022, 16:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Prostat adalah kelenjar kecil seukuran kenari yang kesehatannya penting untuk dijaga karena berperan dalam memproduksi dan menyempurnakan air mani.

Mengutip Medical News Today, prostat yang terletak di antara penis dan kandung kemih, termasuk anatomi reproduksi pria, selain penis, skrotum, dan testis.

Perannya meliputi:

  1. Membantu produksi air mani: ini adalah fungsi utamanya. Prostat berkontribusi 20-30 persen cairan terhadap total volume air mani. Sisanya berasal dari vesikula seminalis (50-65 persen) dan testis (5 persen).
  2. Menutup uretra saat ejakulasi: selama ejakulasi, prostat berkontraksi, menyemprotkan cairan prostat ke dalam uretra, sambil menutup lubang antara kandung kemih dan uretra. Inilah sebabnya tidak mungkin untuk buang air kecil dan ejakulasi secara bersamaan.
  3. Metabolisme hormon: prostat mengandung enzim yang disebut 5-alpha reductase, yang mengubah testosteron menjadi bentuk biologis aktif yang disebut dihidrotestosteron (DHT). Hormon ini pentign untuk perkembangan dan fungsi prostat normal.

Mengetahui fungsi tersebut, apakah Anda menyadari perlunya menjaga kesehatan prostat?

Berikut cara yang dapat menjaga kesehatan prostat:

Baca juga: Tanda-tanda Prostat Bermasalah yang Harus Diwaspadai

1. Makan makanan segar dan makanan utuh

Mengutip Men's T Clinic, buah-buahan dan sayuran utuh yang mengandung fitonutrien dan antioksidan akan membantu sel-sel prostat tetap sehat ternutrisi.

Pola makan Mediterania yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan prostat, contohnya:

  • Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan herring.
  • Daging dan telur unggas dalam jumlah sedang
  • Banyak buah dan sayuran yang mengandung likopen, antioksidan kuat, seperti: tomat, semangka, jambu biji, brokoli, kembang kol, kubis, kubis Brussel, bok choy dan kale.
  • Kacang-kacangan dan polong-polongan, seperti: buncis, lentil, kacang polong, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang hitam, dan kedelai.
  • Minyak zaitun dan alpukat
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti: kacang almond, kacang brazil, kacang mete, biji labu, biji rami, biji wijen, dan biji bunga matahari.
  • Biji-bijian utuh, seperti: gandum, beras, sorgum, dan quinoa.
  • Daging merah tanpa lemak dan produk susu dalam jumlah terbatas.

2. Batasi alkohol dan makanan olahan

Mengutip Men's T Clinic, baik alkohol dan makanan olahan dapat menyebabkan peradangan yang tidak sehat di tubuh, termasuk prostat.

Anda sebaiknya menghindari makanan olahan, yang juga rendah nutrisi dan tinggi bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan.

Ketika Anda membiasakan diri untuk makan makanan kaya nutrisi, perlahan makanan olahan, alkohol yang kurang bergizi dapat ditinggalkan.

Baca juga: 2 Jenis Makanan untuk Mencegah Kanker Prostat

3. Olahraga

Mengutip Men's T Clinic, olahraga atau aktif bergerak merupakan salah satu cara penting dalam menjaga kesehatan prostat dan organ tubuh lainnya.

Faktanya, duduk selama lebih dari 30 menit sama buruknya dengan merokok.

Disarankan setiap 30 menit atau lebih berdiri dan melakukan peregangan atau berjalan-jalan.

Pastikan juga untuk berolahraga yang membuat Anda berkeringat secara teratur.

Lebih banyak olahraga dan makan bergizi juga dapat menghindari diri dari obesitas yang dapat meningkatkan risiko utama pembesaran prostat (BPH) dan kanker prostat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com