Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mencegah Penyakit Jantung yang Bisa Diupayakan Sejak Dini

Kompas.com - 12/07/2022, 22:25 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mencegah penyakit jantung koroner atau dikenal awal sebagai penyakit jantung, ternyata perlu diupayakan sejak dini.

Pasalnya, penyakit ini tidak muncul secara tiba-tiba, tapi prosesnya bisa berjalan perlahan-lahan selama beberapa dekade kehidupan.

Sebelum mengenali beberapa cara mencegahnya, simak dulu beberapa faktor penyebab penyakit jantung yang ternyata bisa berasal dari kebiasaan kurang sehat sejak kecil berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Penyakit Jantung

Penyebab penyakit jantung

Guru Besar Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Dr. dr. Sukman Tulus Putra, SpA(K) menjelaskan, penyakit jantung dan pembuluh darah biasanya dideteksi saat dewasa atau usia lanjut. Tapi, proses terjadinya penyakit ini bisa dimulai sejak dini, ketika seseorang masih anak-anak dan remaja.

Menurut Sukman, penyebab penyakit jantung utamaya berasal dari aterosklerosis atau penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri karena penumpukan plak kolesterol dan zat selama bertahun-tahun.

Ketua Purna Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini menyebutkan, ada beberapa faktor penyebab penyakit jantung terkait aterosklerosis yang bisa dimulai sejak penderita masih bayi sampai remaja, di antaranya:

  • Nutrisi kurang tepat

Pemberian ASI eksklusif sejak bayi lahir sampai usia enam bulan ternyata berdampak signifikan pada kondisi pembuluh darah arteri di masa depan.

Penelitian membuktikan, bayi yang diberi ASI eksklusif saat remaja kondisi tunika intima media arteri karotisnya lebih tipis dan sehat dibandingkan remaja yang saat bayi diberi susu formula atau ASI kurang dari empat bulan.

Tes tunika intima media arteri karotis digunakan untuk mengukur tingkat ketebalan lapisan bagian dalam arteri karotis. Semakin tebal arteri karotis, seseorang lebih berisiko terkena aterosklerosis.

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Perlu Dilakukan Setiap Hari

  • Kurang gerak

Anak yang memiliki kebiasaan kurang gerak juga bisa meningkatkan risiko aterosklerosis di masa depan.

Seperti diketahui, belakangan banyak anak yang jarang bermain di luar rumah dan banyak menghabiskan waktu bermain gawai atau menonton televisi di rumah.

Gaya hidup sedentari seperti ini cenderung minim mengeluarkan kalori, sehingga anak rentan mengalami penumpukan kalori sejak dini.

  • Paparan rokok

Paparan rokok atau produk tembakau di rumah secara berlebihan sejak anak balita ternyata juga bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, terutama penyakit jantung koroner.

Risiko ini meningkat pesat apabila sewaktu remaja, anak di bawah umur ini sudah icip-icip rokok dan melanjutkan kebiasaannya menjadi perokok aktif saat dewasa.

Baca juga: 13 Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Tidak Disadari Pengidapnya

  • Penyebab lainnya

Selain faktor risiko di atas, seseorang juga berisiko terkena penyakit jantung apabila memiliki kolesterol tinggi, obesitas atau berat badan berlebih, gula darah tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com