Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Kemasan Plastik BPA Makanan dan Minuman, IDI Beri 5 Rekomendasi

Kompas.com - 12/08/2022, 21:38 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Kemasan plastik makanan, botol air, susu, dan sebagainya bisa mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Masyarakat internasional menyoroti keamanan Bisfenol A (BPA) pada kemasan plastik polikarbonat (PC) yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan.

BPA adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membuat sejenis plastik polikarbonat, sering digunakan untuk FCM (Food Contact Materials), seperti kemasan air galon atau sebagai resin epoksi dalam lapisan pelindung kaleng untuk makanan atau minuman.

Baca juga: 8 Makanan Berbahaya Bagi Kesehatan Hati yang Harus Dihindari

Dr. Ulul Albab, Sekretaris Jendral (Sekjen) Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengatakan bahwa masyarakat kita sejauh ini hanya menyoroti pengaruh jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi terhadap kesehatan.

"Namun mengabaikan pengaruh kemasan makanan atau minuman tersebut serta kandungan dalam kemasan tersebut terhadap kesehatan," kata Dr. Ulul dalam keterangan pers pada Jumat (12/8/2022).

Data dari Kementerian Perindustrian menyebutkan bahwa sekitar 78 persen industri menggunakan plastik untuk makanan dan minuman kemasan.

Sementara, sekitar 16,5 persen sisanya digunakan untuk kemasan minuman berkarbonasi.

Dr. Agustina Puspitasari, Ketua Bidang Kajian Penanggulangan Penyakit Tidak Menular PB IDI menyampaikan bahwa secara global, BPA banyak digunakan pada produk-produk, seperti:

  • Botol air yang dapat digunakan kembali
  • Plastik polikarbonat
  • Plastik pengemas
  • Pelapis kaleng makanan
  • Pipa air

Jika partikel BPA digunakan untuk bahan kemasan yang bersinggungan langsung (primer) dengan makanan atau minuman, itu yang bisa membahayakan kesehatan.

Baca juga: Apakah Insomnia Berbahaya bagi Kesehatan?

Dr. Agustina menjelaskan berdasar beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan plastik BPA memengaruhi fisiologi yang dikendalikan oleh endokrin, kelenjar prostat, serta perkembangan otak pada janin, bayi, dan anak-anak.

Selain itu, paparan plastik BPA juga bisa memengaruh perilaku anak.

Penelitian lain menunjukan bahwa BPA dapat memicu peningkatan tekanan darah, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular.

Beberapa negara telah menerapkan pengaturan spesifik penggunaan plastik BPA pada kemasan pangan, contohnya:

  • Perancis: melarang penggunaan BPA pada seluruh kemasan kontak pangan.
  • Negara bagian California di Amerika Serikat: mewajibkan produsen untuk mencantumkan label “kemasan ini mengandung BPA yang berpotensi menyebabkan kanker, gangguan kehamilan dan sistem reproduksi".
  • Denmark, Austria, Swedia, Malaysia: pelarangan penggunaan plastik BPA pada kemasan kontak pangan untuk konsumen usia rentan 0-3 tahun.

Baca juga: Apakah Gigitan Kucing Berbahaya bagi Kesehatan?

Bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dan memberikan informasi yang benar dan jujur, BPOM berinisiatif melakukan pengaturan pelabelan AMDK pada kemasan plastik.

Caranya dengan melakukan revisi Peraturan Badan POM Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com