Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Lindungi Jantung sampai Pencernaan

Kompas.com - 18/08/2022, 20:31 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah Anda? Di balik citarasanya yang manis, ternyata ada sederet manfaat kurma untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Dilansir dari Medical News Today, buah yang biasanya banyak dikonsumsi di bulan puasa dan musim haji ini tinggi kalori, tapi menyimpan nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Kurma mengandung banyak antioksidan, potasium, gula alami, dan serat. Buah ini juga bisa menambah asupan vitamin B6, zat besi, magnesium, dan kalium. Dengan sederet kandungan gizi tersebut, simak beberapa khasiat buah populer ini.

Baca juga: Kurma untuk Penderita Diabetes, Begini Baiknya...


Manfaat kurma untuk kesehatan

Konsumsi kurma dengan porsi sedang atau tidak berlebihan bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa di antaranya:

  • Menangkal radikal bebas

Dilansir dari Health, kurma memiliki banyak antioksidan alami seperti polifenol, karotenoid, tanin, dan sterol.

Zat ini penting untuk melawan efek buruk radikal bebas penyebab stres oksidatif. Untuk diketahui, stres oksidatif adalah biang penuaan dini sampai peradangan penyebab penyakit kronis.

  • Melancarkan buang air besar

Makan tiga butir kurma bisa mencukupi hampir 20 persen kebutuhan serat per hari. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Studi telah membuktikan, pria yang rutin makan kurma setiap hari selama tiga minggu cenderung tidak pernah mengalami sembelit. Mereka rutin buang air besar dengan kondisi tinjanya minim zat kimia biang kanker.

Baca juga: Anjuran Makan Kurma agar Tetap Sehat

  • Melindungi kesehatan jantung

Kurma juga dapat melindungi kesehatan jantung. Penelitian membuktikan, orang yang rutin makan kurma kadar lemak dalam darah, kolesterol jahat, dan kolesterol totalnya menurun. Selain itu, kadar gula darahnya lebih terkontrol.

Kandungan antioksidan asam felonik dalam buah ini juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Meningkatkan kesehatan otak

Dilansir dari Healthline, rutin makan kurma dapat menurunkan peradangan dan mencegah pembentukan plak di otak. Masalah kesehatan ini penyebab penyakit Alzheimer dan kematian sel-sel otak.

Penelitian lain juga membuktikan, konsumsi buah ini bisa meningkatkan kemampuan berpikir, meningkatkan daya ingat, sampai mengurangi gangguan kecemasan.

Baca juga: 10 Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan

  • Melancarkan persalinan ibu hamil

Manfaat kurma untuk ibu hamil bisa membantu melancarkan persalinan. Menurut riset, ibu hamil yang rutin makan kurma di minggu-minggu akhir kehamilan dapat mempercepat proses persalinan.

Studi terbatas pada 69 ibu hamil yang makan kurma enam butir setiap hari sebulan sebelum melahirkan, 20 persen di antaranya melahirkan secara alami dan proses persalinan lebih cepat daripada yang tidak makan kurma.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kurma megandung mineral penting untuk tulang; seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

Beberapa zat tersebut berkhasiat untuk mencegah masalah pada tulang seperti osteoporosis.

Meskipun ada sederet manfaat kurma untuk kesehatan, tapi ingat, jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan karena tinggi kalori dan gula alami. Cukup tiga butir sehari atau ikuti petunjuk dari dokter jika Anda punya masalah kesehatan tertentu.

Baca juga: 8 Manfaar Balsamic Vinegar untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com