Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Perut Perih saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 25/08/2022, 09:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Perubahan tubuh di awal kehamilan kerap membuat pasangan yang tengah mendambakan momongan gamang dan ketar-ketir.

Selain mual, masalah kesehatan yang kerap dipertanyakan adalah, kenapa perut perih saat hamil muda? Apakah kondisi ini normal? Ibu hamil perlu segera periksa ke dokter atau tidak?

Nah, jangan buru-buru panik dulu menghadapi kondisi ini. Simak penyebab perut perih saat hamil muda dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca juga: Kenapa Ibu Hamil Mudah Masuk Angin?

Penyebab perut perih saat hamil muda

Penyebab perut perih saat hamil muda kemungkinan besar karena perubahan hormon selama kehamilan.

Dilansir dari StanfordMedicine, hormon progesteron menyebabkan katup yang mengontrol cairan asam lambung agar tidak naik ke atas kerongkongan mengalami relaksasi.

Hormon ini juga memperlambat proses pencernaan, sehingga makanan tertahan lebih lama di perut.

Kedua kondisi ini membuat cairan asam yang berguna mencerna makanan naik ke kerongkongan dan perut perih atau terasa mulas.

Selain faktor hormon, pola makan dan tidur juga memengaruhi kondisi ini. Makan dengan porsi besar, mengonsumsi makanan pedas, berlemak, atau gorengan juga bisa menyebabkan perut perih.

Kabar yang cukup melegakan, masalah kesehatan ini normal dan banyak dialami ibu hamil muda. Terutama yang sebelum hamil sudah punya riwayat penyakit asam lambung kronis dan maag.

Baca juga: 15 Ciri-ciri Hamil Muda, Tak Hanya Telat Haid

Cara mengatasi perut perih saat hamil muda

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk membantu mengatasi perut perih, di antaranya:

  • Hindari makanan pedas, berlemak, atau gorengan. Beberapa ahli juga tidak menyarankan makanan yang asam seperti jeruk dan asupan berkafein seperti teh dan cokelat
  • Jangan makan dengan porsi besar. Sebagai gantinya, makanlah dengan porsi kecil tapi lebih sering misalkan jadi empat sampai lima kali sehari
  • Hindari kebiasaan langsung tidur setelah makan. Berikan jeda setidaknya satu sampai dua jam hingga makanan sudah dicerna
  • Saat tidur, gunakan bantal dengan sandaran kepala yang lebih tinggi. Untuk mencegah sakit leher, jangan hanya mengganjal bagian kepala tapi juga punggung bagian atas

Jika beragam cara mengatasi perut perih saat hamil muda di atas tidak dapat membantu meredakan gejala masalah kesehatan ini, baru konsultasikan ke dokter yang biasanya menangani.

Ingat, ibu hamil tidak dianjurkan minum sembaran obat tanpa petunjuk atau pengawasan dari dokter.

Dilansir dari NHS, ibu hamil yang mengalami perut perih juga perlu segera ke dokter jika merasakan susah makan, kerap muntah, berat badan menurun, dan sakit perut parah.

Setelah menyimak penyebab perut perih saat hamil muda sampai kapan perlu waspada dengan masalah kesehatan ini, pasangan yang tengah menantikan kelahiran buah hatinya tak perlu panik berlebihan lagi.

Baca juga: Payudara Sakit saat Hamil Muda, Normalkah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com