Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rekomendasi Buah untuk Menurunkan Kolesterol

Kompas.com - 09/09/2022, 16:34 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kolesterol adalah salah satu elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Melansir Mayo Clinic, kolesterol akan membantu dalam membangun sel-sel sehat di dalam tubuh.

Namun, level kolesterol yang tinggi akan memperbesar risiko penyakit jantung.

Meskipun level kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit bawaan, gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebabnya.

Baca juga: 5 Cara untuk Menurunkan Kolesterol Secara Alami

 

Kolesterol tinggi tidak perlu dikhawatirkan karena dengan diet serta gaya hidup sehat bisa mengurangi risiko buruk yang akan terjadi.

Dengan kata lain, asupan makanan perlu sangat diperhatikan dan berikut adalah rekomendasi buah untuk menurunkan kolesterol.

  • Jeruk

Minum jus jeruk ternyata tidak hanya menyegarkan tubuh, tapi juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung karena darah tinggi dan kolesterol.

Menurut penelitian yang terbit pada Jurnal Lipids in Health and Disease pada tahun 2013 menunjukkan bahwa konsumsi jus jeruk dalam jangka waktu yang lama bisa menurunkan LDL kolesterol jahat.

Penelitian lain mengenai kaitan antara jeruk dan kolesterol dimuat dalam Jurnal American Chemical Society di tahun 2004.

Hasilnya ditemukan bahwa kulit jeruk memiliki senyawa yang bernama flavon polimetoksilasi (PMF) yang berguna untuk melawan kanker, penyakit jantung, serta peradangan.

Tidak hanya itu saja, senyawa tersebut juga berguna untuk menurunkan kolesterol tanpa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Penelitian ini juga menemukan bahwa minum jus jeruk bisa menurunkan kolesterol jika dikonsumsi lebih dari 20 gelas per hari.

Namun untuk mempercepat efeknya, konsumsi suplemen yang mengandung PMF lebih direkomendasikan.

Baca juga: 5 Kebiasaan Baik untuk Menurunkan Kolesterol

  • Semangka

Nutrisi yang terkandung dalam semangka juga bisa berguna untuk mendukung kesehatan jantung.

Penelitian dalam Experimental and Clinical Sciences Journal di tahun 2014 menemukan bahwa kandungan likopen di dalam semangka berguna untuk menurunkan kolesterol serta tekanan darah.

Likopen tersebut ternyata juga akan mencegah kerusakan oksidatif karena level kolesterol yang tinggi.

  • Apel

Konsumsi apel setiap hari ternyata tidak hanya membuat tubuh sehat, namun juga bisa menurunkan level LDL kolesterol jahat.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dipresentasikan dalam Experimental Biology pada tahun 2011 yang dikutip oleh Medical News Today.

Menurut penelitian tersebut, wanita dewasa dengan umur 45-65 tahun yang makan apel setiap hari mengalami penurunan level LDL kolesterol sebanyak 23 persen dalam enam bulan dan kenaikan level HDL kolesterol sebanyak 4 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com