Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Obat Pelancar Haid Alami, Coba Yoga sampai Kayu Manis

Kompas.com - 11/09/2022, 10:31 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Telat haid adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan wanita.

Tak hanya bikin ketar-ketir dengan kondisi kesehatan reproduksi, problem ini juga memicu rasa tidak nyaman seperti badan pegal-pegal, sakit kepala, perut tidak nyaman, sampai perasaan lebih sensitif seperti gejala PMS.

Namun, sebagian kondisi ini biasanya dapat diatasi dengan obat pelancar haid alami. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Paracetamol untuk Nyeri Haid?

Obat pelancar haid alami

Terdapat beberapa obat pelancar haid alami yang bisa dijajal wanita dengan masalah telat haid. Disarikan dari Healthline dan MedicalNewsToday, berikut beberapa di antaranya:

  • Yoga

Beberapa penelitian menyebutkan, yoga adalah pelacar haid alami yang cukup efektif. Olahraga yang banyak melatih kelenturan, keseimbangan, dan kekuatan otot ini dapat menyeimbangkan hormon, sehingga haid lebih teratur. Untuk hasil maksimal, coba beryoga 30 menit per hari minimal lima kali seminggu.

  • Rutin olahraga

Jika Anda kurang sreg latihan yoga, pilih olahgara lain yang sesuai minat dan kemampuan tubuh Anda. Hal yang paling penting, lakukan dengan rutin dan disiplin. Tak perlu muluk-muluk, Anda bisa memilih olahraga jalan kaki atau bersepeda. Lakukan olahraga ini minimal 30 menit per hari, seminggu lima kali.

Baca juga: 15 Ciri-ciri Hamil Muda, Tak Hanya Telat Haid

  • Kayu manis

Formula antiperadangan dalam kayu manis dapat membantu mengatasi haid telat dan meredakan nyeri haid, terutama untuk penderita sindrom ovarium polikistik atau poly-cystic ovarium syndrome (PCOS). Perlu diketahui, penyebab haid telat atau tidak teratur bisa berasal dari peradangan di dalam tubuh wanita. Saat telat haid, coba minuman pelancar haid ini. 

  • Vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko haid tidak teratur. Untuk itu, pastikan kecukupan vitamin D wanita terpenuhi. Menurut Kementerian Kesehatan, wanita usia subur 15 mikrogram vitamin D per hari. Untuk mencukupi nutrisi ini, coba rutin berjemur, makan ikan laut, telur, jamur, tahu dan tempe.

Baca juga: 7 Ciri-ciri PCOS pada Wanita, Haid Tidak Teratur sampai Jerawat

  • Kendalikan stres

Obat pelancar haid alami lainnya yakni pengelolaan stres yang baik. Perlu diketahui, stres berlebihan bisa meningkatkan risiko haid telat dan tidak teratur. Untuk itu, coba buat pikiran rileks dengan cara latihan meditasi, mengerjakan hal menyenangkan, atau rampungkan persoalan biang stres.

Jika beragam obat pelancar haid alami di atas sudah dijajal tapi masalah kesehatan reproduksi wanita ini tak kunjung tuntas, segera konsultasi ke dokter. Terutama jika telat haid berulang dan disertai gejala lainnya seperti keputihan tidak normal, berat badan turun tanpa sebab jelas, atau jerawat berlebihan.

Baca juga: 10 Penyebab Telat Haid, Tak Selalu Hamil


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com