Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Penyebab Kanker Payudara yang Perlu Dihindari

Kompas.com - 14/10/2022, 09:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Pola makan tidak sehat bisa jadi salah satu faktor penyebab kanker payudara.

Untuk itu, setiap wanita perlu menghindari beberapa makanan penyebab kanker payudara.

Sebelum mengenali beberapa jenisnya, ketahui dulu bagaimana asupan berpengaruh pada penyakit yang menjadi momok kesehatan para wanita di seluruh dunia ini.

Baca juga: 10 Penyebab Kanker Payudara dan Cara Mencegahnya

Peran makanan sebagai faktor penyebab kanker payudara

Dilansir dari BreastCancer, sekitar 30 persen sampai 40 persen penyakit kanker dipengaruhi pola makan tidak sehat, termasuk kanker payudara.

Penyakit ini cenderung menyerang wanita yang terbiasa mengonsumsi makanan berlemak jahat dan tinggi kalori.

Terutama jika pola makan tidak sehat ini dijalankan sejak anak perempuan memasuki masa pubertas.

Kebiasaan ini bisa memicu obesitas dan kelebihan berat badan yang menjadi faktor risiko penyebab kanker payudara.

Untuk diketahui, wanita yang kelebihan berat badan dianggap berisiko terkena penyakit ini lantaran sel-sel lemak ekstra bisa menghasilkan hormon estrogen.

Hormon ini memantik pertumbuhan sel payudara tidak normal. Pertumbuhan sel abnormal inilah yang meningkatkan risiko kanker payudara.

Baca juga: 5 Kebiasaan Penyebab Kanker Payudara yang Sebaiknya Dihindari

Makanan penyebab kanker payudara

Menurut Kementerian Kesehatan, terdapat beberapa makanan yang potensial memicu kanker payudara, di antaranya:

  • Daging olahan

Daging olahan seperti sosis, ham, bacon, kornet, salami, dll. cenderung dibuat dengan daging tinggi lemak jahat. Selain itu, daging ini bakal ditambah pengawet. Kombinasi kedua bahan ini bisa jadi zat pemicu kanker atau karsinogenik jika sering dikonsumsi.

  • Daging merah yang dibakar

Daging merah yang dibakar seperti steak dan sate sapi, kambing, atau babi juga termasuk makanan tidak sehat. Makanan ini tinggi kalori dan proses pembuatannya bisa memicu kanker. Proses pembakaran daging merah bisa membentuk senyawa heterocyclic amines (HCAs) yang memicu kanker.

  • Susu full cream dan keju

Beberapa studi menyebutkan, orang yang gemar mengonsumsi susu full cream dan keju tinggi lemak berisiko tinggi terkena kanker, termasuk kanker payudara. Jenis makanan seperti ini bisa meningkatkan kadar hormon estrogen. Beberapa jenis kanker payudara memiliki reseptor estrogen dan diberi makan oleh estrogen.

Baca juga: Penyebab Kanker Payudara pada Pria dan Faktor Risikonya

  • Gula

Segala jenis makanan tinggi gula seperti kue, cake, hidangan penutup, atau minuman manis bisa meningkatkan hormon insulin. Berdasarkan studi, insulin adalah pemicu pertumbuhan tumor (baik ganas maupun jinak). Selain itu, kadar insulin yang tinggi juga meningkatkan kadar sirkulasi estrogen bebas.

  • Alkohol

Beberapa studi memastikan konsumsi alkohol berlebihan meningkatkan risiko wanita terkena kanker payudara. Batas aman minum alkohol adalah segelas sehari. Lebih dari itu, risiko wanita terkena kanker payudara naik 11 persen dari setiap gelas alkohol yang diminum.

Mulai sekarang, sebisa mungkin minimalkan atau hindari makanan penyebab kanker payudara di atas. Terlebih jika Anda kegemukan, berat badan berlebih, perokok, berasal dari keluarga penderita kanker, atau punya faktor risiko lainnya.

Baca juga: 5 Makanan Penyebab Kanker Usus Besar yang Perlu Diwaspadai


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com