Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Perbedaan Sunblock dan Sunscreen, Jangan Salah Kaprah Lagi…

Kompas.com - 03/12/2022, 12:33 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Beberapa orang acapkali salah kaprah dan belum mengetahui bedanya sunblock dan suncreen.

Hal itu wajar. Pasalnya, kedua produk perawatan kulit ini sama-sama bisa digunakan sebagai tabir surya untuk menangkal efek buruk radiasi sinar UV dari paparan sinar matahari.

Meskipun dari segi manfaat sama, tapi ada perbedaan mendasar dari kedua jenis tabir surya ini. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Apakah Boleh Memakai Sunscreen di Malam Hari?

Perbedan sunblock dan sunscreen

Ahli dermatologi dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV menjelaskan, ada tiga perbedan sunblock dan sunscreen dilihat dari jenis dan cara kerja, karakteristik tekstur bahan, sampai penggunaannya, yakni:

Dokter yang akrab disapa Dewi ini menerangkan, sunblock adalah jenis tabir surya physical. Sedangkan sunscreen adalah jenis tabir surya chemical.

“Jenis tabir surya physical artinya, saat produk digunakan, produk secara otomatis langsung menangkal kandungan UVB dari sinar matahari,” jelas Dewi, dilansir dari Antara, Jumat (2/12/2022),

Sedangkan tabir surya berjenis chemical artinya produk memiliki cara kerja mengubah paparan radiasi dari sinar matahari yang terserap kulit menjadi kandungan yang tidak berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: Tips Memilih Sunscreen untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

  • Perbedaan sunblock dan sunscreen dari karakteristiknya

Menurut Dewi, sunblock memiliki karakteristik tekstur bahan yang lebih kental dibandingkan sunscreen. Hal itu dipengaruhi cara kerja sunblock yang langsung menangkal bahaya UVB, jadi bahan nyayang lebih tebal atau kental.

Sedangkan sunscreen memiliki tekstur lebih ringan dan dapat tercampur dengan produk perawatan lainnya.

Suncreen biasanya lebih nge-blend dengan warna kulit dan juga makeup. Ketika memakai sunblock, pengguna kerap mengalami whitecast (kondisi saat permukaan kulit terlihat putih di beberapa titik),” kata Dokter Dewi.

Bedanya sunblock dan sunscreen dari sisi karekteristik bahan atau tekstur tersebut praktis memengaruhi manfaat atau penggunaan kedua jenis tabir surya ini.

Baca juga: 8 Kesalahan Pakai Sunscreen yang Perlu Dihindari

  • Perbedaan sunblock dan sunscreen dari manfaatnya

Menurut Dewi, manfaat sunblock lebih cocok untuk tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan dalam dalam durasi yang panjang, seperti berjemur di pantai atau mendaki gunung.

Sedangkan manfaat sunscreen lebih cocok untuk penggunaan tabir surya sehari-hari, atau aktivitas yang tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Karena jamak digunakan untuk aktivitas sehari-hari, produk sunscreen paling banyak jenis pilihannya, seperti bentuk gel, krim, powder, spray, hingga stick.

Terlepas dari perbedaan sunblock dan sunscreen di atas, Dewi berpesan agar penggunaan kedua tabir surya ini disesuaikan dengan jenis kulit.

Pemilik kulit wajah berminyak disarankan menggunakan tabir surya jenis gel atau spray. Sedangkan pemilik kulit kering, ada baiknya menggunakan tabir surya yang lebih melembapkan, seperti bentuk krim.

Baca juga: Tanda Tidak Cocok Pakai Sunscreen dan Cara Mengatasinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com