Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengobati Miom pada Wanita dengan Obat dan Operasi

Kompas.com - 16/01/2023, 13:55 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Miom adalah tumor non-kanker yang tumbuh di dalam atau sekitar rahim.

Masalah kesehatan yang dikenal dengan istilah medis fibroid rahim ini terkadang dapat membahayakan kesehatan reproduksi wanita.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengenali cara mengobati miom pada wanita. 

Baca juga: 12 Tanda-tanda Miom pada Wanita dan Kapan Perlu ke Dokter

Perlu diketahui, gejala miom yang paling umum berupa menstruasi yang berlangsung lama, menyakitkan, dan disertai perdarahan hebat.

Ada pula gejala lain seperti sembelit, nyeri panggul, inkontinensia urine atau anyang-anyangan, hingga perut bagian bawah bengkak.

Selain menimbulkan gejala yang membuat wanita tidak nyaman, pertumbuhan miom juga bisa memicu komplikasi terkait reproduksi, di antaranya masalah kesuburan, meningkatkan risiko keguguran sampai persalinan dini. 

Setelah mengetahui macam-macam gejala serta komplikasi akibat miom, kita mungkin perlu mengetahui bagaimana cara mengobati miom berikut ini. 

Cara mengobati miom

Rasa sakit dan pertumbuhan miom di rahim yang kian membesar perlu segera mendapat penanganan medis karena berpotensi menyebabkan kerusakan pada organ di sekitarnya.

Dilansir dari Verywell Health, ada beberapa cara mengobati miom, termasuk dengan obat-obatan, perawatan non-invasif atau tanpa beda, operasi, atau kombinasi. Berikut beberapa di antaranya:

Ada beberapa obat bebas dan resep untuk mengobati miom. Obat tersebut ada yang hanya mengurangi rasa sakit akibat miom, ada pula yang mencegah pertumbuhan tumor jinak itu.

Berikut obat-obatan untuk mengobati miom yang mungkin direkomendasikan oleh dokter:

    1. Obat nyeri yang dijual bebas: ibuprofen atau acetaminophen yang bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri akibat miom atau fibroid rahim.
    2. Suplemen zat besi: untuk mengganti zat besi yang hilang akibat pendarahan hebat.
    3. Metode pengendali kelahiran (KB): pil KB, alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) untuk mengontrol perdarahan menstruasi yang berat.
    4. Agonis GnRH (obat perangsang hormon): obat untuk mengecilkan ukuran miom. Obat ini biasanya diberikan sebelum penderita menjalani operasi miom.

Baca juga: Punya Miom, Makanan Apa yang Boleh Dikonsumsi?

Dokter dan tenaga kesehatan lainnya dapat merekomendasikan tindakan bedah atau operasi berikut yang bertujuan untuk mengangkat miom. Operasi miom ini ada yang minimal invasif atau sayatan lebih sedikit sampai operasi besar. Berikut beberapa di antaranya:

    1. Laparoskopi: prosedur pembedahan menggunakan sayatan kecil dan alat dengan kamera kecil untuk mengangkat mioma yang mudah dijangkau.
    2. Uterine fibroid embolization (UFE): prosedur radiologi menggunakan suntikan untuk mengecilkan ukuran miom atau mematikan tumor.
    3. Pembedahan ultrasound dipandu MRI: teknik operasi menggunakan gelombang ultrasound untuk mengecilkan atau menghilangkan miom.
    4. Histerektomi: operasi pengangkatan rahim untuk menghilangkan miom secara total. Namun, pasien usia produktif berisiko tidak bisa hamil.
    5. Miomektomi: prosedur pembedahan dengan sayatan besar di perut untuk mengangkat fibroid tanpa mengangkat rahim.

Perlu diketahui, Cara mengobati miom yang direkomendasikan dokter biasanya disesuaikan dengan beberapa faktor, seperti tingkat keparahan penyakit, ukuran dan lokasi tumor, apakah pasien memiliki rencana untuk hamil, sampai usia penderita.

Jika Anda telah didiagnosis menderita miom, coba diskusikan dengan dokter perawatan atau obat miom apa saja yang paling tepat. Selain itu, jelaskan gejala miom yang Anda rasakan dengan detail. 

Baca juga: 3 Jenis Makanan yang Dapat Mencegah Fibroid Rahim Menurut Dokter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com