Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Rosacea Bisa Sembuh? Kenali Cara Mengobatinya

Kompas.com - 08/04/2023, 21:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Rosacea adalah kondisi medis yang ditandai dengan kemerahan pada kulit di area wajah. Namun, apakah rosacea bisa sembuh?

Untuk diketahui, penyebab rosacea tidak diketahui secara pasti, sehingga terkadang penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total.

Meskipun begitu, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengontrol gejala yang muncul sehingga tidak bertambah parah. Berikut adalah beberapa cara mengobati rosacea yang bisa dicoba.

Baca juga: Rosacea

Apakah rosacea bisa sembuh?

Dilansir dari NHS Inform, rosacea tidak bisa sembuh secara total karena belum ada pengobatan pasti yang bisa digunakan untuk kondisi ini.

Namun, terdapat beberapa perawatan serta pengobatan yang bisa diberikan untuk mengatasi gejala yang muncul.

Penderita rosacea terkadang juga perlu melakukan pengobatan dalam jangka panjang untuk membantu meringankan gejala yang muncul sebelum akhirnya bisa menghentikan pengobatan tersebut secara permanen.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Rosacea, Ciri-ciri, dan Penyebabnya

Cara mengobati rosacea

Menurut Mayo Clinic, cara mengobati rosacea berfokus untuk meringankan gejala yang muncul dan biasanya merupakan kombinasi antara obat serta perawatan kulit, seperti:

  • Mengonsumsi obat yang akan diberikan berdasarkan gejala rosacea yang dialami, seperti obat oles untuk mengurangi kemerahan yang muncul, obat antibiotik oral untuk mengatasi gejala dengan jerawat dan benjolan, seta obat jerawat oral untuk mengatasi lesi yang mirip dengan jerawat
  • Melakukan terapi laser untuk menyamarkan pembuluh darah yang membesar dan perlu diulangi setiap beberapa kali untuk memperbaiki kondisi kulit
  • Mengetahui penyebab munculnya rosacea dan menghindarinya, seperti konsumsi makanan yang pedas
  • Melindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen ketika berada di luar ruangan, memakai topi, dan menghindari paparan sinar matahari langsung
  • Menghindari kebiasaan menyentuh atau menggosok area wajah dan menggunakan produk perawatan kulit yang bisa memicu iritasi
  • Menggunakan makeup atau riasan yang bisa menyamarkan kemerahan pada kulit
  • Melakukan pijatan ringan pada wajah dengan gerakan memutar yang lembut
  • Menghindari konsumsi kopi yang hangat atau panas, dan ganti dengan kopi dingin karena bisa menurunkan risiko rosacea

Dengan mengetahui apakah rosacea bisa sembuh, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan serta pengobatan yang diperlukan.

Anda diimbau untuk segera mencari bantuan medis ketika muncul gejala rosacea, seperti kemerahan di area wajah yang tidak kunjung sembuh, untuk mendapatkan diagnosis serta perawatan yang tepat.

Baca juga: 3 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Rosacea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com