Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarian Yoga Meriahkan Yoga Festival Internasional di Bali

Kompas.com - 03/03/2009, 20:15 WIB

DENPASAR, SELASA - Tarian yoga yang dirancang secara khusus dengan mengkolaborasikan tarian Bali dan India menjadi sebuah pementasan yang unik dan menarik pada pembukaan Yoga Festival Internasional (YFI) yang baru pertama kali berlangsung di Denpasar, Bali, Selasa.

Puluhan remaja putri dengan mengenakan busana kombinasi Bali-India menampilkan gerakan-gerakan yoga secara lembut, menjadi pusat perhatian para undangan yang memadati halaman depan monumen Perjuangan Rakyat Bali di kawasan Niti Mandala Renon, Denpasar.

YFI yang diikuti sekitar 150 guru yoga dari lima negara dibuka Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Bali I Gusti Putu Yudi Arnawa SH mewakili Gubernur Bali, dihadiri tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh lintas-agama.

Enam negara yang mengikuti kegiatan selama sepekan hingga 10 Maret 2009 itu, masing-masing India, Jerman, Swedia, Jepang, Malaysia, serta sejumlah daerah lain di Indonesia termasuk tuan rumah Bali.

Ketua Panitia Penyelenggara YFI, Dr Somvir mengakatan, festival diisi dengan berbagai kegiatan yang dipusatkan di beberapa tempat antara lai9n di Monumen Bajra Sandi, perkampungan seniman ubud, Kintamani, Bangli dan Klungkung.

Kegiatan tersebut antara lain seminar yoga untuk kesehatan dan kecantikan, pameran buku-buku yoga, pameran lukisan dan latihan yoga yang melibatkan kalangan masyarakat.

Kegiatan tersebut mengusung tema "Yoga untuk kedamaian dan kesehatan (Yoga for Peace Peace and Health".

Pelaksanaan YFI di Bali diharapkan mampu meningkatkan citra pariwisata Indonesia di dunia internasional, dengan harapan wisatawan mancanegara tetap menjadikan Bali maupun daerah lainnya di Nusantara sebagai tempat liburan yang aman dan nyaman.

Dr Somvir menjelaskan, kehadiran sekitar 150 guru yoga mancanegara dalam YFI lebih mengedepankan perdamaian, persahabatan dan kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com