Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ristek-Kalbe Science Awards Kembali Digelar

Kompas.com - 23/03/2010, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek) dan PT Kalbe Farma untuk kedua kalinya menyelenggarakan Ristek-Kalbe Science Awards (RKSA), sebuah ajang yang akan memberikan penghargaan kepada para peneliti terbaik di Indonesia dalam bidang kesehatan, khususnya terkait life science dan teknologi.

RSKA, yang digelar pertama kalinya pada 2008 lalu, tahun ini kembali akan memberikan penghargaan untuk dua kategori, yakni kategori peneliti muda dan penelitian terbaik. Kategori Young Scientist Awards akan diberikan kapada peneliti muda yang dinilai berprestasi atas kiprahnya dalam melaksanakan berbagai penelitian dan telah memberikan pengaruh positif dalam bidang life science dan teknologi terkait kesehatan.

Sedangkan Best Research Awards akan diberikan untuk hasil terbaik pada bidang-bidang penelitian yang ditentukan yang memberikan pengaruh positif dalam bidang life science dan dan teknologi terkait dengan kesehatan.

Dr Boenjamin Setiawan, PhD, pendiri dan penasihat senior PT Kalbe Farma, menyatakan, ajang RSKA merupakan upaya untuk memberikan penghargaan dan apresiasi atas kerja keras dan karya besar yang dihasilkan para peneliti Indonesia.

Ia menilai kiprah peneliti di Indonesia masih kurang dihargai, padahal seharusnya mereka lebih banyak diperhatikan. "Komitmen ilmuwan serta karya penelitian yang mereka hasilkan dalam berbagai bidang merupakan bagian penting dari kemajuan bangsa. Peneliti seharusnya mendapat penghargaan sehingga bisa hidup sepatutnya," ungkap Dr Boenjamin.

Tahun lalu, pemenang RSKA Kategori Young Scientist direbut oleh Dr Heni Rachmawati, sedangkan tiga pemenang kategori Best Research diberikan kepada Dr Sunu Budhi Raharjo, PhD, Prof Maggy Thenawidjaja Suhartono, dan Khie Khiong, SSi, MPharm Sc, PhD.

Tahun ini, jumlah peserta yang ditargetkan ikut ajang RSKA mencapai 130 peneliti. Pendaftaran peserta akan dibuka sampai 30 Juni 2010, sedangkan pemilihan finalis pada Juli 2010 dan penentuan pemenang pada September 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com