Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donor Kornea, Butuh Dukungan Keluarga

Kompas.com - 25/04/2010, 22:13 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Keberhasilan donor kornea mata sangat tergantung pada dukungan dari anggota keluarga pendonor. Ketia pendonor kornea meninggal dunia, ahli waris dari pendonor kornea diharapkan bisa segera melapor ke Bank Mata agar kornea pendonor bisa digunakan.  

Ketua Perkumpulan Penyantun Mata Tunanetra Indonesia/Bank Mata cabang Yogyakarta Wasisdi Gunawan menuturkan, dulu kegiatan operasi transplantasi kornea yang dilakukan Bank Mata Yogyakarta sangat tergantung pada kiriman donor dari luar negeri. Namun seiring dengan meningkatnya kesadaran ahli waris pendonor, ketergantungan terhadap donor kornea dari luar negeri mulai menurun.

Sekarang secara umum kesadaran ahli waris sudah membaik. "Begitu pendonor meninggal, anggota keluarga segera menghubungi kami sehingga kami bisa segera mengambil tindakan," katanya, Minggu (25/4/2010) saat ditemui di sela-sela sarasehan pendonor mata di Rumah Sakit Mata Dr YAP Yogyakarta.

Hingga April 2010, total ada 1654 calon donor mata di Bank Mata Yogyakarta. Sedangkan jumlah calon penerima donor mata mencapai 285 orang. Kornea mata baru diambil setelah pendonor meninggal dunia. Oleh karena itu, kesadaran anggota keluarga pendonor untuk melaporkan meninggalnya pendonor sangat penting.

Menurut dia, kualitas kornea sangat tergantung pada waktu pengambilannya. Begitu seorang pendonor meninggal dunia, korneanya harus sudah diambil dalam waktu maksimal enam jam setelah meninggal. Lebih dari waktu tersebut, kornea tidak akan bisa didonorkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com